DPMPD Parimo Minta Kades Terpilih Tonjolkan Inovasi Desa

  • Whatsapp
DPMPD Minta Kades Terpilih di Parigi Moutong Tonjolkan Inovasi Desa
Pelantikan 40 Kades Terpilih dan Dua Kades PAW di Parigi Moutong (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), meminta 40 Kades terpilih di Parigi moutong (Parimo) periode 2019-2025 dan dua Kades PAW periode 2015-2021 untuk menonjolkan inovasi desa.

Menurutnya, masih banyak potensi desa di Parimo yang bisa dieksploitasi dan dikembangkan menurut kearifan lokal guna mendukung perkembangan peradaban di desa.

Bacaan Lainnya

“Mustahil suatu daerah dapat maju apabila warganya serta peradabannya tidak berkembang,” sambutannya dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Masa Jabatan 2019-2025 dan Kades PAW, di MIN Sausu, Selasa, 1 Oktober 2019.

Ia melanjutkan, Kades terpilih di Parigi moutong semestinya mampu mengelola anggaran dengan baik dan transparan. Jangan sampai terjebak dalam praktik-praktik korupsi yang dapat merugikan daerah ataupun desa.

Kemudian, senantiasa menjaga situasi desa tetap kondusif dengan merangkul semua pihak yang menjadi kompetitor pada masa Pilkades beberapa waktu lalu.

“Pengarahan kepada Kades terpilih sudah sesuai dengan penyampaian Wakil Bupati (Wabup) Parimo, Badrun Nggai kepada semua untuk senantiasa mengajak mengontrol penggunaan dana desa ke arah yang lebih berkualitas lagi,” jelasnya.

Kabupaten Parimo lanjut dia, membutuhkan beberapa inovasi desa yang dapat mengolah kekayaan alam dari setiap desa, untuk dapat menghasilkan pemasukan tambahan, baik PAD untuk Pemerintah daerah ataupun PADes untuk Pemerintah desa.

Ia menambahkan, dengan manajemen yang tepat serta SDM yang mumpuni, visi untuk memajukan daerah serta desa akan dapat terwujud.

Dari pantauan gemasulawesi.com, Wabup Parimo yang didampingi Kadis PMPD, para Camat undangan, Danramil Sausu dan Kapolsek Sausu melantik dan mengambil sumpah jabatan 40 Kades terpilih serta dua Kades PAW.

Diketahui, terdapat dua Kades dari Kecamatan Kasimbar, tiga Kades dari Kecamatan Toribulu, 14 Kades dari Kecamatan Amphibabo, satu Kades dari Kecamatan Siniu, dua Kades dari Kecamatan Parigi, satu Kades dari Kecamatan Parigi Tengah, tiga Kades dari Kecamatan Parigi Selatan serta empat dari Kades dari Parigi Barat.

Kemudian, dua Kades dari Kecamatan Torue, dua Kades dari Kecamatan Balinggi dan empat Kades dari Kecamatan Sausu. Sementara itu dua kades PAW yaitu Kades Pesona Barat dari Kecamatan Kasimbar dan Kades Lambunu Utara Kecamatan Bolano Lambunu.

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.