Minggu, Mei 16, 2021
BerandaSulawesi TengahTujuh Kabupaten Belum Ambil Jatah Dosis Vaksin Covid Sulteng

Tujuh Kabupaten Belum Ambil Jatah Dosis Vaksin Covid Sulteng

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah menyebut tujuh kabupaten belum mengambil jatah dosis vaksin covid Sulteng.

“Tujuh kabupaten mungkin masih dalam perjalanan untuk mengambil jatah dosis vaksin covid Sulteng,” ungkap Kepala Bidang Farmalkes dan SDMK, Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Meyke M Wongkar, di Kota Palu, Rabu 27 Januari 2021.

Ia mengatakan, sampai saat ini baru tiga kabupaten yang mengambil jatah dosis vaksin covid 19. Yaitu, dari Kabupaten Sigi, Morowali Utara dan Morowali.

Tujuh kabupaten tersisa untuk jatah vaksin covid 19 sinovac adalah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Buol, Tojo Una-una, Tolitoli dan Parigi Moutong.

Baca juga: Vaksinasi Nakes, Parimo Butuh 5 Ribu Dosis Vaksin

“Vaksin covid sinovac secara keseluruhan adalah 31920 dosis,” sebutnya.

Jumlah vaksin covid 19 sinovac didapatkan dari jatah 28240 vaksin tahap pertama termin kedua ditambahkan dengan 3680 dosis vaksin covid 19 tersisa dari termin pertama.

Ia mengatakan, hari ini seharusnya vaksin covid 19 sinovac itu telah diambil dari Laboratorium Farmasi, Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

Ini rincian dosis vaksin covid Sulteng yang akan didistribusikan ke 10 kabupaten.

Banggai 4.800 dosis vaksin covid 19 sinovac, Banggai Kepulauan 1.960 dosis, Banggai Laut 2000 dosis, Buol 2.600, Morowali 3.360 dosis, Morowali Utara 2.480 dosis, Sigi 2.320 dosis, Tojo Una-una 3.120 dosis, Tolitoli 3.920 dosis dan Parigi Moutong 5.360 dosis.

“Pengambilan vaksin covid 19 sinovac itu harus dengan mobil khusus, agar mutu vaksin tetap terjamin hingga tiba di kabupaten masing-masing,” jelasnya.

Suhu vaksin covid 19 kata dia, mesti terjaga dengan suhu 2 hingga 8 derajat celsius. Sehingga, mobil dengan fasilitas pendingin untuk bisa menyimpan vaksin di perjalanan.

Pihaknya meminta agar tujuh kabupaten tersisa agar segera mengambil dosis vaksin covid 19 yang telah disediakan.

“Jadwal pencanangan vaksinasi adalah 1 Februari 2021. Jadi, secepatnya mesti dijemput dosis vaksin covid Sulteng,” tuturnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan vaksinasi Tenaga kesehatan akan selesai Maret 2021.

Pemerintah optimis vaksinasi covid 19 tahap awal untuk 23151 Nakes di Sulawesi Tengah dapat selesai pada Maret 2021. Sesuai dengan target sebelumnya.

Baca juga: Jatah 10 Kabupaten, 28 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Covid Sulteng

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.