Satgas Jemput 500 Dosis Vaksin Covid 19 Tahap Pertama

waktu baca 2 menit
Foto: Kabid Pengendalian Penyakit, Dinkes Parigi Moutong, Wulandari Marasobu.

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Satgas Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan menjemput 500 dosis vaksin covid 19 sinovac tahap pertama dari Dinkes Sulteng, pada 3 Februari 2021.

“Penjemputan dosis vaksin sinovac dilakukan bertahap,” ungkap Kabid Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Wulandari Marasobu, di ruang kerjanya Senin 1 Februari 2021.

Ia mengatakan, 500 dosis vaksin covid 19 sinovac itu merupakan penjemputan tahap awal, dari total keseluruhan 2630 dosis penyuntikan pertama.

Dari 500 dosis vaksin covid 19 itu, langsung akan didistribusikan kepada lima Puskesmas di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Puskesmas itu diantaranya Puskesmas Moutong, Lambunu Satu, Taopa, Lambunu Dua dan RS BN Moutong,” jelasnya.

Sekitar 4-5 Februari 2021 dosis vaksin corona Sinovac itu akan didistribusikan. Setelah selesai, Satgas akan kembali menjemput vaksin itu ke Kota Palu, untuk selanjutnya akan diedar ke seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit tersisa.

Baca juga: Tujuh Kabupaten Belum Ambil Jatah Dosis Vaksin Covid Sulteng

Pembatasan penjemputan dosis baksin covid 19 sinovac, disebabkan terbatasnya kapasitas akomodasi penjemputan. Serta daya tampung dari setiap Puskesmas dan Rumah Sakit.

Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mendapat kuota 5360 jatah dosis vaksin corona dari pemerintah pusat.

“Ribuan dosis vaksin corona itu untuk keperluan vaksinasi Tenaga kesehatan (Nakes). Dimana satu orang mendapat jatah dua kali,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Farmalkes dan SDMK, Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Meyke M Wongkar mengatakan, dosis vaksin covid 19 Sulteng secara keseluruhan adalah 31920 vial.

Baca juga: Vaksinasi Nakes, Parimo Butuh 5 Ribu Dosis Vaksin

Puluhan ribu dosis vaksin covid Sulawesi Tengah yang akan didistribusikan ke 10 kabupaten.

Rinciannya, Banggai 4.800 dosis vaksin corona sinovac, Banggai Kepulauan 1.960 dosis, Banggai Laut 2000 dosis, Buol 2.600, Morowali 3.360 dosis, Morowali Utara 2.480 dosis, Sigi 2.320 dosis, Tojo Una-una 3.120 dosis, Tolitoli 3.920 dosis dan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sebanyak 5360 dosis.

“Pengambilan vaksin covid 19 sinovac itu harus dengan mobil khusus, agar mutu dari vaksin itu tetap terjamin hingga tiba di kabupaten masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, suhu dosis vaksin covid 19 sinovac, mesti terjaga dengan suhu 2 hingga 8 derajat celsius. Jadi, mobil dengan fasilitas pendingin diperlukan untuk bisa menyimpan vaksin selama dalam perjalanan.

Baca juga: Vaksin Tiba, Awal Februari Vaksinasi Perdana di Buol

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.