Minggu, Mei 16, 2021
BerandaSulawesi TengahPuluhan Truk Angkut Donasi Logistik Kota Palu untuk Korban Gempa Majene

Puluhan Truk Angkut Donasi Logistik Kota Palu untuk Korban Gempa Majene

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi- Puluhan truk angkut donasi logistik dari Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk korban Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

“Donasi logistik yang diangkut tim Pemerintah Kota Palu cukup banyak. Salah satunya donasi kelompok guru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdukbud) Kota Palu,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palu, Sudaryano Lamangkona yang ikut rombongan, di Kota Palu, Rabu 20 Januari 2021.

Ia mengatakan, dikirim kurang lebih 18 ton beras dari Guru Disdikbud Kota Palu. Serta instansi lainnya untuk memenuhi kebutuhan dasar penyintas bencana.

Bantuan berupa sembako ini kata dia, makanan siap saji, air mineral, perlengkapan bayi, kebutuhan wanita dan Lansia. Termasuk keperluan pengungsian seperti terpal tikar dan sebagainya.

Baca juga: Dirikan Posko Kemanusiaan, Dinsos Sulawesi Tengah Target

“Kendaraan yang sudah diberangkatkan hari ini belasan truk pengangkut logistik. Termasuk diantaranya sekitar sembilan unit truk jenis Fuso. Dan tim gelombang kedua sebanyak 15 kendaraan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tim kemanusiaan Kota Palu untuk korban gempa Majene dan Mamuju akan bertugas menjalankan misi selama 3-4 hari. Tim menyasar lokasi terdampak di Kabupaten Mamuju dan Majene.

“Hari ini rombongan Pemkot berangkat ke lokasi bencana di Sulbar, di komandoi bapak Wali Kota Palu,” tuturnya.

Bantuan logistik kemanusiaan ini kata dia, merupakan hasil donasi yang dikumpulkan melalui Pemkot Palu. Baik itu dari masing-masing instansi, kecamatan, kelurahan hingga lembaga atau organisasi serta masyarakat.

Baca juga: Komunitas Guru PAUD Parimo Kumpulkan 13 Juta Rupiah Donasi

Menurut dia, tim Pemkot Palu berangkat ke lokasi bencana semata-mata untuk misi kemanusiaan. Sebagai bentuk empati dan keprihatinan atas bencana yang menimpa masyarakat Sulbar.

“Kami berharap bantuan logistik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penyintas di sana. Sebagaimana Kota Palu dan sekitarnya diterjang gempa, tsunami dan likuefaksi dua tahun lalu, masyarakat Sulbar juga berpartisipasi mengirim bantuan ke Sulteng,” sebutnya.

Baca juga: Parimo Salurkan 2 Ton Bantuan Beras Pemprov Sulteng

Dinsos Sulawesi Tengah Bangun Posko Bantu Penyintas Gempa Majene

Dirikan posko bantuan kemanusiaan, Dinsos Sulawesi Tengah target ribuan penyintas korban gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

“Pendirian posko sebagai bentuk aksi cepat tanggap darurat,” Kepala Dinsos Sulawesi Tengah, Drs Ridwan Mumu, M. Si, di Sulbar, Minggu 17 Januari 2021.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Dinsos bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, mendirikan dapur umum untuk membantu korban gempa Majene dan Mamuju Sulawesi Barat.

Dapur umum ini didirikan di depan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Sulbar.

Baca juga: KKSS Parigi Moutong Donasi 1 Ton Beras untuk Korban Gempa

“Aksi ini dilakukan berdasarkan intruksi dari Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, untuk memberikan dukungan kemanusiaan di Sulawesi Barat,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam sehari kita targetkan 1200 penyintas untuk dua kali makan siang dan malam.

Selain itu, Dinsos Sulteng juga membawa personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebanyak 50 orang, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebanyak 15 orang dan pegawai Dinsos Provinsi, Dinsos Kota Palu dan Dinsos Kabupaten Parigi Moutong, untuk membantu evakuasi korban.

“Kita berharap apa yang diberikan kepada korban gempa Majene dan Mamuju Sulawesi Barat bisa mengobati kesedihan. Sama seperti mereka membantu kita saat bencana 28 September 2018,” tutupnya.

Baca juga: Tim Medis Parimo Cek Kesehatan 100 Warga Korban Gempa Majene

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.