Dominan Massa Dukung Anies, PKS: Kami Fokus Ke Dr Salim Segaf

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Anies Baswedan

Politik, gemasulawesi – Menjelang Pemilu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum memutuskan siapa yang nantinya akan diusung sebagai kandidat calon presiden di Pemilihan Presiden 2024.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjelaskan, bahwa saat ini partainya fokus kepada Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al- Jufri.

Baca: Mardani Ali Sera Dukung Pengusutan Tuntas Kematian Enam Laskar FPI

Kata Mardani, tidak menutup kemungkinan partainya juga mengusungkan calon lain yang dari luar partai, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Bila dilihat dari survei Charta Politika kalau anies jelas mendapatkan dukungan 63,8% dari simpatisan PKS. Jelas itu tentu bakalan menjadi nilai pertimbangan tentunya. Kata Mardani

“Mas Anies memiliki ikatan yang kuat dengan PKS. Persepsi publik terhadap Anies adalah PKS. Dan komunikasi kami dengan Mas Anies baik-baik saja,” kata Mardani.

Baca: Aboe Bakar Al-Habsy Siap Jadi Penjamin HRS

Namun, dengan 50 kursi di parlemen (8,2%), katanya, PKS jelas perlu membentuk koalisi dan berkonsultasi dengan pihak lain untuk mengajukan calon. Karena ada ambang batas presiden 20% untuk bisa menghadirkan calon presiden.

“Jadi semuanya masih dinamis dan banyak kemungkinan. Siapapun yang dicalonkan harus berpeluang menang dan bisa bekerja efektif. Dan semuanya dipertimbangkan dengan matang oleh pimpinan partai,” ujarnya.

Baca: Harga Sawit Anjlok, Pabrik Kelapa Sawit Dianggap Tidak Taat Aturan

Yang jelas Mardani menegaskan bahwa PKS tidak berniat membentuk Poros Islam. “Kami akan bergabung dengan koalisi partai nasionalis,” katanya.

Merujuk hasil survei Charta Politik 1017 April 2022, selain Partai Keadilan Sejahtera, ada lima partai pendukung lain yang mendukung Anies, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar,Partai NasDem dan Partai demokrat.

Baca: Pemerintah Mendistribusikan Vaksin Sinovac Sebagai Booster

“(Dukung Anies) Partai Golkar 24,1%, Partai Nasdem 33,9%, PKS 63,8%, PPP 24%, PAN 38,9n Demokrat 30,6%,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. (*)

Baca: Empat Tahun Berturut-turut DKI Jakarta jadi Provinsi Paling Demokratis di Indonesia, Apa Rahasianya?

Relawan Daerah Gelar Deklarasi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Survei Elektabilitas Capres 2024 Ganjar Dan Anies Baswedan Meroket

Jelang Pilpres, Partai Berbasis Islam Rencana Bentuk Poros Alternatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.