2Banner GIF 2021

DLH Parigi Moutong Kembali Minta Tambahan Armada Tangani Sampah

DLH Parigi Moutong Kembali Minta Tambahan Armada Tangani Sampah
Foto: DLH Parigi Moutong Kembali Minta Tambahan Armada Tangani Sampah.

Gemasulawesi– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah kembali meminta penambahan armada untuk penanganan persampahan.

“Kami terus berupaya melakukan pengusulan, agar pengadaan armada bisa direalisasikan. Hal itu kami sampaikan kepada TAPD dan pihak Banggar di DPRD,” ungkap Kepala DLH Parigi Moutong, Muhammad Irfan Marailah saat ditemui di Parigi, belum lama ini.

Dia mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah Kota Parigi hingga kecamatan Torue, dibutuhkan tambahan sepuluh armada pengangkutan dan tiga konteiner.

Baca juga: Akibat Blokade Warga, Truk Penuh Sampah Parkir di Kantor DLH Parigi Moutong

Menurut dia, kekurangan armada itu mengakibatkan sampah masih saja tersisa di tempat pembuangan sampah sementara. Misalnya Kota Parigi, dengan jumlah produksi sampah hingga 18 ton, tetapi hanya 14 ton saja mampu tertangani.

“Kekurangan armada itu juga, membuat kami hanya fokus pada fasilitas-fasilitas umum seperti pasar, dan beberapa kantor pemerintahan. Sementara rumah-rumah warga sesekali dilakukan, ketika armada melintas di wilayah itu,” kata dia.

Penambahan armada kata dia, akan membantu pihaknya dalam penegakan Peraturan Perda (Perda) retribusi persampahan yang telah disahkan tahun ini. Sehingga, diharapkan pihak legislative pemilik hak budgeting, dapat menganggarkan pengadaan armada.

Pihaknya memastikan, akan memberikan kontribusi penambahan Penambahan Asli Daerah (PAD), jika pengusulannya dapat direalisasikan. Sebab, pihaknya telah memetakan objek sasaran retribusi, seperti perkantoran, klinik kesehatan, rumah sakit, pertokoan dan sampah rumah tangga.

“Jadi kemungkinan dalam pelaksanaan pengelolaan sampah sesuai Perda itu, kami akan melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan,” jelasnya.

Sementara terkait dengan kegiatan lainnya di DLH, pihaknya juga telah memprogramkan penghijauan dalam rangka mendukung Parigi Moutong hijau. Pelaksanaannya dalam bentuk penananam pohon, dan berbagai penyuluhan.

Selanjutnya, pemeliharaan dan pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Parigi Moutong. Sebelumnya, kegiatan itu ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPR). 

Namun karena perubahan regulasi, penanganannya dialihakan ke DLH dan telah dilakukan penyesuai, dan telah berjalan dengan baik.

“Berbagai perencanaan program di dinasnya, dilakukan berdasarkan RPJMD Parigi Moutong,” pungkasnya. (***)

Baca juga: Ini Inovasi DLH Parigi Moutong Terkait Pengelolaan Sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post