Disperindag Parimo Baru Bisa Membina 18 IKM

0
74
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parimo, Amir Syarifuddin (ist)
SHARE

Ada Ratusan IKM Lainnya Belum Tersentuh

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Parigi moutong (Parimo) Propinsi Sulawesi Tengah baru bisa membina 18 Industri Kecil Menengah (IKM) dari 304 IKM.

Parimo, gemasulawesi.com- Terkait pembinaan IKM Kepala Disperindag Parimo Amir Syarifuddin menjelaskan kepada gemasulawesi.com di ruang kerjanya, Senin, 4 Maret 2019.

Ia mengatakan, untuk pembinaan IKM Parimo, pihaknya masih terus melakukan pendataan kelompok IKM baru yang akan dibina pada tahun 2019.

“Pembinaan IKM merupakan bagian dari misi Bupati dan Wakil Bupati Parimo tahun 2018-2023 yang dimaksudkan untuk menambah nilai jual atas produk IKM tersebut,” jelasnya.
IKM untuk industri pangan formal kata ia, pihaknya masih terus membina dalam bentuk pelatihan berbasis pada sumber daya pertanian dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Parimo.

Hal tersebut telah diterapkan pada tahun 2018 dan masih akan terus dilanjutkan pada tahun 2019 demi kemajuan IKM.

“Pada tahun 2019 sesuai Rencana Strategis (Renstra) Disperindag Parimo dari penjabaran RPJMD 2018-2023 selain pembinaan dalam bentuk pelatihan pihaknya akan melakukan pembinaan pemasaran hasil IKM,” terangnya.

Sementara itu Kepala Seksi Agro Kimia Telematika dan Elektronika (AKITEL) Disperindag Parimo Finy F Arsjad menambahkan, produksi IKM untuk industri pangan formal perlu ditingkatkan kualitasnya.

Satu syarat untuk menembus pasar swalayan adalah kualitas higienis dari produk makanan, yang juga menjadi ketentuan keluarnya nomor PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga) oleh Dinas Kesehatan Parimo.

“Masyarakat yang ingin mendaftarkan IKM untuk industri pangan formal hanya dipersyaratkan nama pemilik dan nama IKM serta alamatnya untuk ditinjau ke tempat IKM berada,” tutupnya.

Laporan: Muhammad Rafii


SHARE

Tinggalkan Balasan