Disdukcapil Sulawesi Barat Target GISA

  • Whatsapp
Disdukcapil Sulawesi Barat Target GISA
Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sulawesi Barat, Burhanuddin (Foto: Ist)

Mamuju, gemasulawesi.com Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Sulawesi Barat menggelar sosialisasi pengelolaan data kependudukan pindah datang penduduk untuk target suksesnya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Menurut Kepala bidang (Kabid) Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sulawesi Barat, Burhanuddin, kegiatan itu digelar pada daerah dengan penduduk rentan administrasi. Tujuan kegiatan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara nasional.

Bacaan Lainnya

“Dengan begitu, pengelolaan administasi kependudukan berjalan dengan baik dan dapat dimanfaatkan serta tepat sasaran. Sehingga, GISA bisa tercapai,” ungkapnya, via pesan whatsapp, Sabtu, 9 November 2019.

Ia mengatakan, adanya kerja sama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Disdukcapil Sulawesi Barat dapat mewujudkan target GISA dan data base serta info kependudukan yang lengkap dan akurat.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Mamuju Sulawesi Barat Dapat Kuota Delapan Formasi Guru

Melalui kegiatan itu lanjut dia, harapannya aparatur kependudukan dan pencatatan sipil di kabupaten dapat mensosialisasikan tentang penduduk pindah datang serta penduduk yang rentan administrasi kependudukan.

“Hal ini sebagai upaya agar pengelolaan data kependudukan untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ia melanjutkan, data dan dokumen kependudukan menjadi titik sentral pembangunan di berbagai sektor dan dimensi program pembangunan di Indonesia.

Diharapkan, instansi lainnya juga dapat bekerjasama dalam mendukung kepemilikan dokumen, serta tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Sulbar.

Baca juga: Ini Daftar 67 Alokasi Formasi CPNS Majene Sulawesi Barat 2019

“Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan ini, yang berasal dari sejumlah OPD dan instansi terkait. Seperti Dinas Transmigrasi Sulbar, Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Dinas Sosial Sulbar, BKKBN Sulbar, Kantor Imigrasi, BJS Kesehatan Sulbar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil provinsi dan kabupaten se-Sulbar,” terangnya.

Sementara itu, semangat mewujudkan GISA juga dilakukan Disdukcapil Mamuju, dengan menuntaskan perekaman data kependudukan di tujuh pulau Kecamatan Bala-Balakang.

Agenda itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah daerah (Pemda) dalam memenuhi kebutuhan dokumen administrasi kependudukan bagi warga di wilayah perbatasan.

Kepala bidang (Kabid) pelayanan pendaftaran pencatatan sipil, Kabupaten Mamuju, Muh Ikhsan menyebutkan, 40 orang warga Bala-Balakang melakukan perekaman data kependudukan difasilitasi Disdukcapil Mamuju yang turun lengkap dengan alat perekam kependudukan.

“Sebelumnya, sebagian warga disana itu sudah melakukan perekaman. Sisa pelayanan sebanyak 40 orang di dominasi usia 17 tahun,” tutupnya. (***)

Baca juga: Parigi Moutong Dapat Jatah 139 Formasi Guru CPNS 2019

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.