Disdukcapil Mamuju Rampungkan Data Kependudukan Tujuh Pulau Bala-Balakang

1
61
Disdukcapil Mamuju Rampungkan Data Kependudukan Tujuh Pulau Bala-Balakang
Kabid pelayanan pendaftaran pencatatan sipil, Kabupaten Mamuju ( Muh Ikhsan (Foto: Aqil)

Mamuju, gemasulawesi.com Disdukcapil Kabupaten Mamuju, selesaikan agenda tour di tujuh pulau yang berada di kecamatan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi barat (Sulbar).

Hal itu diungkapkan, Kepala bidang (Kabid) pelayanan pendaftaran pencatatan sipil, Kabupaten Mamuju, Muh Ikhsan, kepada gemasulawesi.com, via pesan whatsaap, Rabu, 06 November 2019.

Agenda itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah daerah (Pemda) dalam memenuhi kebutuhan dokumen administrasi kependudukan bagi warga di wilayah perbatasan.

Ia menyebutkan, 40 orang warga Bala-Balakang melakukan perekaman data kependudukan difasilitasi Disdukcapil Mamuju yang turun lengkap dengan alat perekam kependudukan.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Mamuju Dapat Kuota Delapan Formasi Guru

“Sebelumnya, sebagian warga disana itu sudah melakukan perekaman. Sisa pelayanan sebanyak 40 orang di dominasi usia 17 tahun,” ujarnya.

Lanjut dia, selama lima hari perjalanan tim Disdukcapil Kabupaten Mamuju mendatangi tujuh pulau berpenghuni yang ada di kecamatan Bala-Balakang, tujuh pulau itu masing-masing, Ambo, Saloan, Laba, Popungan, Silissingan, dan Seboyang.

Selain dalam melakukan perekaman e-KTP, pihaknya telah mengerjakan pemenuhan dokumen kependudukan lainnya, seperti Kartu Keluarga (KK) sebanyak 27 lembar dan akta kelahiran sebanyak sembilan lembar, serta surat keterangan pindah (SKP) sebanyak dua lembar dan ditambah dengan agenda lain seperti pemutakhiran data penduduk.

“Fakta dalam perjalanan tim Disdukcapil di kecamatan Bala- balakang, kami menemukan beberapa warga Bala-Balakang yang mengantongi e-KTP Kalimantan timur Kaltim),” jelasnya.

Baca juga: Ribuan Lowongan CPNS 2019 Formasi Lulusan SMA Sederajat

Hanya sebagian warga yang kedapatan memiliki KTP Kaltim. Alasannya, sebagian besar aktifitas warga memang berada di Provinsi lain dengan transit lebih dahulu ke Kaltim.

Selain di sibukkan dengan ragam agenda pemenuhian dokument kependudukan, tim disdukcapil Mamuju juga mensosialisasikan apa dan bagaimana dokumen kependudukan itu kepada masyarakat Kecamatan Bala-balakang khususnya bagi generasi muda.

Sebelumnya, Dukcapil Kabupaten Mamuju, menyarankan warga memperbaharui SIAK dengan mengubah KK versi lama.

Dalam aplikasi SIAK versi terbaru ini kata Ikhsan, warga harus mendaftarkan kembali status perkawinannya.

Format SIAK versi lama lanjut dia, hanya terdapat sebanyak 15 kolom data isian saja. Sementara itu SIAK versi terbaru menampilkan kolom data isian tambahan yang wajib terisi. Yaitu kolom golongan darah, status perkawinan, tanggal perkawinan dan kolom kepercayaan. (***)

Baca juga: Ini Enam Formasi Khusus Pelamar CPNS Usia 40 Tahun

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan