2Banner GIF 2021

Disdukcapil ‘Jemput Bola’ Layanan Adminduk Warga Bela Parigi Moutong

Disdukcapil ‘Jemput Bola’ Layanan Adminduk Warga Bela Parigi Moutong
Foto: Disdukcapil ‘Jemput Bola’ Layanan Adminduk Warga Bela Parigi Moutong.

GemasulawesiDisdukcapil Parigi Moutong berinisiatif ‘jemput bola’ lakukan layanan Adminduk untuk warga Bela di daerah terpencil.

“Saat jemput bola layanan, pembuatan dokumen Adminduk akan jadi langsung pada hari yang sama. Sehingga warga tidak perlu menunggu,” ungkap Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Parimo, Yamin Taha Noho, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, dokumen Adminduk yang dapat langsung diperoleh warga berupa Kartu Keluarga, Kata Kelahiran Akta Kematian dan berkas lainnya.

Baca juga: Pegawai Terpapar Covid19, Disdukcapil Parigi Moutong Tutup Layanan Adminduk

“Hanya ada satu berkas tidak dapat langsung diterima warga adalah KTP-El. Karena membutuhkan waktu tujuh hari. Data akan dikirim terlebih dahulu ke Ditjen Dukcapil pusat untuk dilakukan penunggalan,” jelasnya.

Kegiatan jemput bola layanan Adminduk warga Bela, dilaksanakan untuk yang tidak dapat mengakses langsung ke kantor Disdukcapil Parigi Moutong. Karena faktor jarak cukup jauh.

Ini sekaligus untuk meningkatkan capaian kinerja Disdukcapil Parigi Moutong untuk sasaran perekaman KTP-El, Kepemilikan Akta Kelahiran, Kepemilikan Akta Kematian dan elemet data pada Kartu Keluarga terupdate.

“Kegiatan itu diperuntukan bagi penduduk berusia 17 tahun tahun ke atas atau belum pernah melakukan perekaman, pembuatan dokumen Akta Kelahiran, Akta Kematian serta perubahan element data di Kartu Keluarga,” tuturnya.

Selama kegiatan jemput bola layanan Adminduk warga Bela, petugas menggunakan jaringan langsung menembak ke satelit menggunakan alat yang dimiliki dari Ditjen Pencatatan Sipil.

Pengangkutan alat perekaman dan keperluan jaringan menuju perkampungan pegunungan, menggunakan sepeda motor.

“Medan dilalui cukup sulit dan melalui pendakian yang cukup tinggi,” ucapnya.

Baca juga: Permudah Layanan Adminduk, Disdukcapil Parigi Moutong Siapkan Aplikasi Online

Pelaksanaan itu, dilakukan di tiga Kecamatan yang memilik beberapa desa terpencil atau pedalaman.

Di antaranya Kecamatan Sidoan yang berlokasi di perkampungan yang berada di pegunungan Sidoan, Kecamatan Tinombo yang berlokasi di area pegunungan Tinombo yaitu Desa Lombok, Kecamatan Pala tepat nya di pegunungan Desa Palasa Tangki. (**)

Baca juga: Layanan Adminduk Disdukcapil Parigi Moutong Kembali Buka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post