Disdikbud Rampungkan Pengisian Data PAUD Parigi Moutong

  • Whatsapp
Disdikbud Rampungkan Pengisian Data PAUD Parigi Moutong
Nurlina Sani, Kabid PAUD Disdikbud Parimo.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) rampungkan pengisian data satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Parigi Moutong satu-satunya kabupaten mencapai progres 100 persen pengisian data satuan PAUD di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019/2020,” ungkap Kepala bidang (Kabid) PAUD Disdikbud Parigi Moutong, Nurlina Sani di ruang kerjanya, Kamis 5 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

Data itu kata dia, berdasarkan update progres pengisian data satuan PAUD Direktorat jenderal (Dirjen) PAUD dan Dikmas pada 3 Maret 2020.

Dari 12 kecamatan dan satu kota di Sulawesi Tengah lanjut dia, progres Parigi Moutong lebih unggul. Terlebih jika dibandingkan Kota Palu yang masih nol persen.

“Proses pengimputan data mencakup seluruh anak umur 0 hingga 6 tahun,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Kecamatan Mepanga menjadi yang tercepat dalam mengisi data satuan PAUD. Masih ada beberapa kecamatan di Parigi Moutong belum mencari anak usia 0-2 tahun.

Saat ini, sekitar 2000 anak usia 0-2 tahun tercakup pada data satuan PAUD. Usia anak untuk penanganan stunting melalui PAUD.

Penanganan stunting melalui PAUD lebih kepada edukasi untuk orang tua anak. Pengenalan kualitas asupan gizi anak pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK). Dengan gizi seimbang dapat menjaga pertumbuhan anak dalam kandungan.

“Dihimbau kepada warga untuk mendaftarkan anaknya. Seperti di Kecamatan Tinombo belum ada anak umur satu tahun yang terdaftar,” terangnya.

Secara keseluruhan, terjadi peningkatan cukup signifikan. Sebanyak 3.400 jumlah siswa pada tahun 2020. Penambahan data dari data awal 21.000 siswa dari tahun sebelumnya.

Hingga saat ini telah terinput dalam data satuan PAUD, mencapai 24.422 siswa di Parigi Moutong.

“Kami instruksikan kepada seluruh lembaga Paud, agar bekerjasama dengan kader desa BKBD, mencari anak umur 0 hingga 6 tahun,” tuturnya.

Diketahui, satuan Paud di kabupaten Parigi Moutong mencapai sekitar 500 satuan. Tersebar pada 278 jumlah desa dan lima kelurahan.

Terdiri dari Lembaga Taman Kanak-kanak 284 unit, Kelompok Bermain (KB) 170 dan 33 Satuan Paud sejenis.

Baca juga: 2020, Parigi Moutong Target Pengentasan Orang Dengan Gangguan Jiwa

Baca juga: Litbang Bappelitbangda Parigi Moutong Teliti Angka Kecukupan Gizi Kelor

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.