Disdikbud Parimo Mutakhirkan Data Guru Dan Tenaga Kependidikan

0
363

Parimo, gemasulawesi.com- Disdikbud Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng, mutakhirkan data guru dan tenaga kependidikan Tahun 2019.

Diketahui, Disdikbud Parimo telah mengadakan wokshop pemutakhiran data guru dan tenaga kependidikan Tahun 2019 beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan bagian Seksi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini, Jakhir, via telefon, Jumat, 10 Mei 2019.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk memverifikasi dan validasi data GTK di setiap satuan pendidikan,” ungkapnya.

Tujuannya, perencanaan dan pengendalian, meliputi pemetaan kebutuhan dan distribusi guru, sehingga diperoleh kesepakatan jumlah formasi dan kebutuhan per sekolah.

Pelaksanaannya, dilakukan per jenjang, per mata pelajaran yang diusulkan oleh Bupati Parimo melalui BKPSDM, untuk keperluan formasi tahun yang akan datang.

Selain itu, sasaran workshop pemutakhiran data guru dan tenaga kependidikan, meliputi unsur koordinator satuan pendidikan kecamatan se-Kabupaten Parimo dan operator kecamatan.

“UUD no 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah mengamanahkan pengaturan kewenangan pengelolaan pendidikan dasar pada tingkat kabupaten atau kota, dan pendidikan menengah pada tingkat provinsi,” jelasnya.

Selanjutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah penyediaan guru profesional, dengan kualitas dan kuantitas sesuai kebutuhan.

Sehingga, diperlukan persamaan persepsi semua pihak yang berwenang, dalam penataan dan pemerataan guru pegawai Negeri sipil pendidikan dasar.

“Kami telah melakukan monitoring dan evaluasi diawal tahun 2017, terhadap pendataan guru dan tenaga pendidikan,” tegasnya.

Hasilnya, dari semua kegiatan tersebut menunjukkan bahwa penataan guru di Kabupaten dan kota sasaran belum terlaksana dengan optimal.

Ia berharap, semoga pedoman ini dapat bermanfaat dan membantu pihak yang berwenang dalam penataan dan pemerataan guru Pegawai Negeri Sipil di Sekolah Dasar.

Baca juga: Penyelenggaraan Pendidikan Paket Kesetaraan Upaya Tingkatkan IPM Parimo

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan