Disdikbud Parigi Moutong Gelar Rakor Penilik Dan Pamong Belajar

Disdikbud Parigi Moutong Gelar Rakor Penilik Dan Pamong Belajar
Diklat Penilik Disdikbud Parigi Moutong (Foto: Ahmad Nur Hidayat)

Parigi moutong, gemasulawesi.com Disdikbud Parigi Moutong (Parimo) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penilik Paud Dikmas dan Pamong Belajar, kejar target peningkatan mutu dan akses pendidikan.

Hal ini disampaikan Kepala bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pendidikan masyarakat (Dikmas), Disdikbud Parigi Moutong, Nurlina Sani, kepada media ini, usai memberikan materi kepada peserta Rakor, di aula pertemuan salah satu penginapan di Parigi. Kamis, 05 Desember 2019.

Read More

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Disdikbud dalam capaian memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan di Parigi Moutong,” ujarnya.

Dalam rakor ini kata dia, seluruh peserta rakor diberikan pembekalan tentang peningkatan kapasitas, dan dibekali dengan bahan saat melakukan penilaian, terkait evaluasi dan perkembangan pendidikan hari ini.

Selain rakor lanjut dia, Disdikbud juga melakukan evaluasi kinerja bersama antara Dinas dan penilik serta pamong belajar sepanjang tahun 2019.

Baca juga: Ratusan Kepsek Parigi Moutong Ikuti Diklat Penguatan Kompetensi

“Karena salah satu tugas pokok seorang penilik yaitu melakukan pembinaan dan evaluasi satuan belajar, yang dapat dijadikan tolok ukur peningkatan mutu pendidikan,” jelasnya.

Dia mencontohkan, berdasarkan evaluasi terhadap peniliki Paud Dikmas wilayah Ampibabo, terdapat peningkatan mutu satuan didik PAUD dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) diwilayah binaannya.

Pasalnya, dari 21 satuan pendidikan binaan paenilik PAUD Dikmas di wilayah itu, sebanyak dua satuan pendidikan telah terakreditasi. Sementara sisanya telah memenuhi unsur untuk terdaftar dalam Sistem penilaian akreditasi (Sispena).

“Jadi tinggal menunggu giliran, dan kuota yang diberikan dari Badan Akreditas Nasional (BAN), insyaallah tahun depan sudah terealisasi. Akreditasi merupakan ukuran peningkatan mutu paling diakui secara Nasional,” terangnya.

Dia mengungkapkan, tahun ini bidang Paud Dikmas Disdikbud Parigi Moutong, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dan Propinsi Sulawesi Tengah. Alasannya, sebanyak 93 satuan pendidikan Paud Dikmas wilayah Kabupaten Parigi Moutong berhasil terakreditasi di tahun 2019.

Menurut dia, meski jumlah itu masih jauh dari total satuan pendidikan Paud Dikmas yang memenuhi syarat dan telah terdaftar di Sispena. Namun Parigi Moutong sebagai daerah memiliki satuan pendidikan PAUD Dikmas terakreditas di Sulawesi Tengah.

“Dari total 130 satuan pendidikan PAUD Dikmas terdaftar di Sispena, kami menargetkan 100 satuan pendidikan terdaftar ditahun ini. Yah, Alhamdulillah, meski masih jauh dari target, kita kuota terbanyak untuk Sulawesi Tengah,” tandasnya.

Baca juga: 9 Desember Finalisasi Akhir Renstra OPD Parigi Moutong

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.