Disdik Ajak OPD Cerdaskan Parimo

Disdik Ajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD)Cerdaskan Parimo
Adrudin Nur, Kadisdik Parimo (Foto Syafii)

Parimo, gemasulawesi.com Disdik Kabupaten Parigi moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi tengah mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencerdaskan masyarakat Parimo.

Hal tersebut diungkapkan Kadisdik Kabupaten Parimo, Adrudin Nur, kepada gemasulawesi.com di kantor Badan perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah (Bappelitbangda), Kamis, 21 Maret 2019.

Read More

“Kami tidak dapat bekerja sendiri menangani masalah pendidikan di Kabupaten Parimo,” ungkapnya di sela-sela acara forum OPD.

Ia mengatakan, angka rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah berada dibawah standar Disdik Provinsi Sulteng merupakan permasalahan pendidikan di Kabupaten Parimo.

Ia mencontohkan, ada masyarakat di daerah terpencil yang berumur diatas 20 tahun yang baru belajar baca tulis.

Hal tersebut berdampak langsung pada tingginya persentase angka kemiskinan di Kabupaten Parimo.

“Kami memberikan tiga solusi utama dalam mengatasi masalah pendidikan dengan mengajak seluruh OPD turut mendukung,” jelasnya.

Baca juga: Disdikbud Parimo Mutakhirkan Data Guru Dan Tenaga Kependidikan

Solusi pertama lanjut dia, adalah program satu desa satu Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di daerah terpencil di Kabupaten Parimo.

Ia menambahkan, solusi berikutnya berupa pembentukan gugus penganggungjawab pendidikan di setiap level pemerintahan, mulai dari pemerintah kabupaten sampai pemerintah desa.

Organisasi Perangkat Daerah lainnya bisa berkontribusi secara tidak langsung, misalnya DPUPR memperhatikan jalan menuju sekolah.

“Dan solusi terakhir berupa integrasi seni budaya dan life skill pada setiap PKBM,” tutupnya.

Baca juga: Musrenbang Selaraskan Pembangunan Parimo Tahun 2020

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.