2Banner GIF 2021

Dirjen Perhubungan Darat Akan Tinjau Terminal Tipe A Parigi Moutong

Dirjen Perhubungan Darat Akan Tinjau Terminal Tipe A Parigi Moutong
Foto: Dirjen Perhubungan Darat Akan Tinjau Terminal Tipe A Parigi Moutong.

Gemasulawesi– Usulan peningkatan status terminal tipe A di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah akan ditinjau Direktorat jenderal perhubungan darat, Kementerian Perhubungan.

“Parigi Moutong memiliki jalur transportasi terpanjang di Sulawesi Tengah yang mencapai 472 kilometer membentang dari Selatan hingga Utara,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong, Arman Maulana saat dihubungi, Minggu 24 Oktober 2021.

Peninjau lokasi pembangunan terminal tipa A itu, setelah adanya analisis maupun hitungan dari Dinas Perhubungan terkait angkutan kendaraan penumpang umum yang keluar masuk Parigi Moutong, baik Bus, minibus hingga angkutan lainnya.

Baca juga: Kerjasama Pendidikan dengan Politeknik Transportasi Darat Berakhir

Dia menyebut, daerah ini menjadi perlintasan ataupun transit jalur transportasi darat dari berbagai Provinsi di Pulau Sulawesi yakni Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara serta berbagai daerah.

“Berdasarkan usulan itu Dirjen Perhubungan darat akan mengecek langsung lokasi yang akan dijadikan terminal tipe A,” kata dia.

Pihak kementerian kata dia, saat ini menunggu hasil analisis yang akan dilakukan pihaknya, dan kemudian diserahkan setelah adanya analisis.

Dia pun menjelaskan, terminal yang masih berstatus tipe B di Parigi Moutong berada di Desa Toboli, serta terminal berstatus tipe C berada dibeberapa kecamatan.

“Untuk Terminal Tipe C di Kecamatan Moutong, Mepanga, Tinombo serta kasimbar,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk usulan terminal tipe A berlokasi di Moutong Barat, Kecamatan Moutong. Nantinya terminal itu akan menjadi kewenangan pusat untuk mengelolanya.

“Semoga usulan ini dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat, sehingga Parigi Moutong akan memiliki terminal bertipe A,” tutupnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Parigi Moutong, juga kembali mengusulkan bantuan pengadaan mobil transportasi desa dan terminal ke pemerintah pusat, untuk dianggarkan pada tahun 2022.

“Pada tahun 2022, kami telah merencanakan beberapa kegiatan. Baik itu melalui APBD maupun Dana Alokasi Khusus (DAK), salah satunya pengadaan mobil transportasi desa dan pembangunan terminal,” tuturnya.

Menurut dia, pengadaan mobil transportasi desa akan diusulkan pihaknya ke Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), guna menindaklanjuti proposal permohonan bantuan dari beberapa desa di Parigi Moutong. (***)

Baca juga: Parigi Moutong Usul Bantuan Mobil Transportasi Desa ke Kementrian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post