2Banner GIF 2021

Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Instruksikan Sekolah Aktifkan Satgas Covid19

Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Instruksikan Sekolah Aktifkan Satgas Covid19
Foto: Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Instruksikan Sekolah Aktifkan Satgas Covid19.

Gemasulawesi– Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Riset dan Teknologi, Sri Wahyuningsih instruksikan satuan pendidikan mengaktifkan Satgas Covid19 di lingkungan sekolah.

“Peran Satgas tentunya memantau secara intensif terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas,” ungkap Sri Wahyuningsi saat melakukan peninjauan di beberapa sekolah di wilayah utara Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu 16 Oktober 2021.

Menurut dia, berdasarkan hasil peninjauan pelaksanaan PTM terbatas ditemukan beberapa sekolah, ditemukan ada ketika disiplinan dalam penerapan protokoler kesehatan.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Larang Kegiatan Ciptakan Kerumunan

Salah satunya, belum menggunakan masker dengan benar, padahal hal itu merupakan yang utama harus digunakan, baik peserta didik, guru atau warga satuan pendidikan saat berkunjung ke sekolah.

“Menggunakan masker dengan benar, yakni menutup hidung, semuanya tertutupi. Hal itu, harus ditekankan kepada anak-anak, sebab itu menjadi tempat utama penularan virus,” kata dia.

Sehingga, jangan sampai sekolah menjadi klaster baru penularan virus. Apalagi beberapa kasus yang ditemui, ketidak taatan atau patuhan dalam penerapatan protokol kesehatan.

Dia berharap, kunjungannya menjadi penguatan untuk satuan pendidikan dalam penerapan itu, memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjauhi kerumunan.

“Satgas Covid19 harus betul-betul melakukan tugasnya mengawasi jalannya PTM dengan baik. Sehingga, demikian sekolah akan aman dan nyaman untuk peserta didik belajar,” ujarnya.

Tujuannya, agar orang tua peserta didik tidak memiliki rasa kekhawatiran terhadap penularan virus Covid19, saat anaknya mengikuti pembelajaran di sekolah.  

Olehnya, perlu kerjasama dengan antar pihak dalam penerapatan protokol kesehatan, baik komite hingga orang tua harus saling mendukung.

“Sekolah tidak boleh menjadi klaster penularan Covid19,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Ibrahim mengakatan, pihaknya akan menindaklanjuti permintaan Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Sri Wahyuningsih itu dengan melakukan pertemuan terlebih dahulu.

“Kami akan tidak lanjut, akan kami rapatkan dulu. Sebab instuksi itu tidak serta merta langsung dilaksanakan,” tutupnya. (***)

Baca juga: Polda Musnahkan Barang Bukti Sabu Hasil Operasi Reserse Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post