Dinsos Parimo Buka Kegiatan Tagana Masuk Sekolah

waktu baca 2 menit
Foto: Kabid Linjamsos Dinsos Parimo Ariesto didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Parimo, Adrudin Nur, saat membuka TMS di SD Lemusa, Kecamatan Parigi Selatan.

Berita parigi moutong, gemasulawesiDinas Sosial (Dinsos) Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah buka program Tagana Masuk Sekolah di SD Lemusa Kecamatan Parigi Selatan.

“Ada sepuluh sekolah di Parimo masuk dalam Tagana Masuk Sekolah (TMS),” ungkap Kabid Linjamsos Dinsos Parimo Ariesto, saat memulai TMS di Sekolah Dasar (SD) Lemusa Kecamatan Parigi Selatan, Selasa 17 November 2020.

Ia mengatakan, sepuluh sekolah ini merupakan program awal untuk anak-anak SD untuk mengenal dasar-dasar kebencanaan.

Baca juga: Parimo Salurkan 2 Ton Bantuan Beras Pemprov Sulteng

Program itu diperlukan, sebab diketahui bersama Kabupaten Parimo ini rawan bencana dan diperkirakan Desember 2020 hingga Februari 2021 akan ada cuaca ekstrim.

“Dinsos Parimo memprogramkan Tagana Masuk Sekolah, untuk mengajarkan kepada anak-anak SD mengenal dasar-dasar kebencanaan,” jelasnya.

Diharapkan, dengan kehadiran Tagana (Taruna Siaga Bencana) bisa menjadi nilai positif bagi proses pembelajaran di sekolah.

Baca juga: SD Lemusa Perdana Program Tagana Masuk Sekolah

Jadi, secara umum kita gambarkan bahwa program ini adalah program dasar dalam kebencanaan untuk anak yang ada di Sekolah Dasar.

“Dalam program awal Tagana ini baru sepuluh sekolah yang kita fokuskan, yakni SD Lemusa, Olobaru, Boyantongo masing-masing di kecamatan Parigi selatan, selanjutnya SD Bambalemo Kecamatan Parigi, SD Uevolo, SD Tandaigi kecamatan Siniu, SD Sidoan Kecamatan Sidoan, SD Tinombo, SD Silabia kecamatan Tinombo, dan SD Tomini kecamatan Tomini,” terangnya.

Pada tahun 2021 kata dia, progam ini akan pihaknya masukan di APBD dan Progam itu akan pihaknya prioritaskan.

Baca juga: Tagana Masuk Sekolah Sasar Sepuluh SD

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Parimo Adrudin Nur mengatakan, pihaknya bermohon agar Tagana ini jangan hanya di tingkat SD saja, tetapi juga sampai di tingkat SMP.

“Sehingga, kami berharap agar Program Tagana ini menjadi Progam yang berkelanjutan, agar tidak hanya untuk Sekolah Dasar, akan tetapi juga sampai di sekolah Menengah Pertama (SMP),” tutupnya.

Baca juga: Tagana Masuk Sekolah Siapkan Generasi Sadar Bencana

Baca juga: Aksi Salah Tangkap, Wajah Warga Babak Belur

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.