Dinkes Susun Renja Menuju Parimo Sehat

Program Parimo Sehat merupakan salah satu program prioritas Tahun 2020.

0
215
Dinkes Renja Parimo Sehat pola Stunting

Dinkes susun Renja atasi persoalan mendasar stunting terdapat pada pola hidup dan kebutuhan asupan makanan yang diperoleh.

Parimo, gemasulawesi.com Stunting bukan hanya persoalan kekurangan gizi kronis akibat kurangya asupan gizi dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan fisik seseorang.

Hal tersebut disampaikan Kepala bidang (Kabid) Kesehatan masyarakat (Kesmas), Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Parimo, di aula Bappelitbangda, dalam sosialisasi penurunan sunting, Rabu, 27 maret 2019.

Ia mengatakan, stunting juga berpengaruh pada perkembangan otak yang membatasi kemampuan, prestasi, produktifitas dan kreatifitas seseorang.

Untuk memenuhi kebutuhan kata dia, asupan makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat.

Makanan tersebut lanjut dia, sangat mudah diperoleh dan sering dikonsumsi karena merupakan bagian dari budaya.

“Makanan pokok beragam, sesuai dengan keadaan tempat dan budaya serta kearifan lokal contoh beras, jagung, singkong, ubi talas,” ungkapnya.

Dia menuturkan, selain pola asupan makanan, pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga sangat penting untuk menghidari stunting.

Menurutnya, Salah satu contoh dengan menggerakan otot tubuh sehingga meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi.

“Semua itu dapat dilakukan di rumah, di tempat kerja, tempat umum, termasuk aktivitas fisik lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang sehari- hari,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala badan (Kaban) Badan perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parimo, Zulfinasran menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian Rencana aksi dalam memenuhi program Parimo sehat 2019.

Lokus penurunan stunting di Parimo terdapat di Sepuluh desa yang ada di lima kecamatan yaitu, Kecamatan Tinombo, Tinombo Selatan, Ampibabo, Palasa dan Moutong.

“Desa Baina barat, Tanampedagi, Sidole, Siney Tengah, Pebounang, Ulatan, Ogoalas, Lobu, Bambasiang, Dongkalan,” jelasnya.

Baca juga: Bappelitbangda Parimo Gelar Forum OPD

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan