Dinkes Kota Palu: Penting, Akurasi Sampel Rapid Test Massal Corona

  • Whatsapp
Dinkes Kota Palu Sulawesi Tengah Sulteng: Penting, Akurasi Sampel Rapid Test Massal Corona
Kadinkes Kota Palu, dr Husaema.

Berita kota palu, gemasulawesi Kepala Dinkes Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) dr. Husaema menyebutkan pentingnya menentukan sampel dari populasi warga Kota Palu untuk melakukan rapid test secara massal.

“Saya kira rapid test massal itu upaya yang cukup baik,” ungkapnya saat video conference di Baruga Lapangan Vatulemo, Selasa 26 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Cuman kata dia, perlu ditentukan sampel mana atau warga mana yang bisa diperiksa dan sudah bisa mewakili seluruh warga Palu.

Menurutnya, dari sekitar 350.000 lebih penduduk Kota Palu, tidak mungkin akan dilakukan rapid test secara keseluruhan. Cukup mengambil sampel dari populasi yang ada.

Ia melanjutkan, kalau tidak tepat dalam memilih sampel, bisa saja semua hasil rapid testnya non-reaktif. Alasannya, sampel yang dipilih adalah daerah yang belum terpapar virus corona.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah harus bekerja sama dengan pihak Pemkot Palu untuk menentukan titik-titik mana yang diambil,” katanya.

Ia beralasan, Pemerintah Kota Palu lebih mengetahui zonasi wilayah kategori hijau, kuning, maupun zona merah rawan virus corona di Kota Palu.

Ia juga mengatakan penyebaran virus corona di Palu belum memenuhi transmisi lokal seperti yang terjadi di Kabupaten Buol Sulteng.

Kalau transmisi lokal sudah terjadi, tentu kasus terkonfirmasi positif virus corona akan membludak dan bersifat masif ke seluruh wilayah.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.