Diduga Jual Senjata Api ke KKB, ASN Asal Papua Ditangkap Polisi

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi)

Berita Hukum, gemasulawesi – Diduga Jual senjata api dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Eganius Kogoya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Nduga, Papua, berinisial AN ditangkap polisi pada Rabu malam 29 Juni 2022.

Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Kabid Humas Polda Papua, mengatakan penyidik menemukan senjata api jenis FN beserta 615 butir amunisi.

Menurut dia, penangkapan tersebut diawali dengan operasi oleh polisi Sie Propam Polres Yalimo. Kemudian ada seseorang yang mengendarai kendaraan roda dua tanpa nomor polisi yang langsung digeledah oleh aparat.

“Anggota yang melakukan razia melihat sebuah sepeda motor Honda Verza berwarna putih tanpa nomor polisi milik pelaku. Setelah itu, anggota langsung mengerahkan pelaku ke Posko Yalimo untuk diperiksa,” ucap Kamal kepada jurnalis, Kamis 30 Juni 2022.

Baca: Tonton Film Porno, Dua Remaja Minahasa Selatan Perkosa Bocah SMP

Saat ditangkap, tersangka awalnya menolak untuk dimintai keterangan, yang membuat petugas semakin curiga padanya.

Setelah dipaksa, polisi menemukan dua tong hitam berisi ratusan peluru tajam. Sebuah senjata juga ditemukan dalam jerigen.

“Diisi dalam jerigen dan 2 magazin V2 Sabhara serta satu magazin SS1,” ucapnya.

Polisi pun menangkap tersangka. Berbagai senjata api, informasi pribadi, dan uang senilai Rp 2,2 juta disita sebagai barang bukti.

Ia menjelaskan, jenis amunisi yang disita adalah MK3 sebanyak 379 butir, Moser sebanyak 2 butir, AK sebanyak 3 butir, SS1 sebanyak 158 butir, Revolver sebanyak 10 butir, Us
Carbine sebanyak 52 butir dan V2 sebanyak 11 butir sehingga total 615 butir peluru tajam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, AN diduga hendak menjual senjata api dan amunisi tersebut kepada pimpinan KKB di Wamena. Pimpinan KKB, kata dia, mengirimkan kurir untuk menemui tersangka di Distrik Napua Kabupaten Jayawijaya.

Tersangka kini telah ditangkap untuk penyelidikan lebih lanjut ke Polres Wamena. (*/Ikh)

Baca: PP Muhammadiyah Peringati Hari Raya Idul Adha Sabtu 9 Juli 2022

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.