Diduga Bermasalah, Inspektorat Parigi Moutong Bidik Puluhan Desa

waktu baca 2 menit
Kepala Inspektorat Parigi Moutong, Adrudin Nur.

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Diduga bermasalah, puluhan desa dan Kepala Desa yang telah usai jabatannya kini dalam bidikan pemeriksaan Inspektorat Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Inspektur Inspektorat Parigi Moutong, Adrudin Nur, saat dihubungi di Parigi, Jumat 17 JUni 2022.

“Ada 99 desa yang akan kita periksa, dan saya sudah meminta tim untuk mengidentifikasi desa mana yang bermasalah berat dan ringan,” ucap Inspektur Inspektur Parigi Moutong, Adrudin Nur saat dihubungi di Parigi Moutong, Jumat 17 Juni 2022.

Ia mengatakan, dalam penyelidikan selanjutnya, pihaknya akan memprioritaskan desa-desa yang dinilai cukup serius, dalam artian banyak dugaan pelanggaran dalam pengelolaan keuangan desa.

Baca: Banjir Kabupaten Poso, Ratusan Rumah Warga Terkena Dampak Banjir

Untuk itu, pihaknya akan menyesuaikan keuangan Inspektorat untuk pemeriksaan desa-desa dimaksud, setelah pemeriksaan akan dilakukan publis atas sejumlah desa tersebut.

“Kami akan publis hasil pemeriksaan, “jelasnya.

Mengenai desa kategori ringan, dikirim ke kantor PMD untuk melakukan pembinaan atas kesalahan dalam pengelolaan keuangan desa.

Untuk Desa Bambalemo, kata dia, telah masuk dalam pemeriksaan terhadap puluhan desa itu, sebab dirinya belum mengetahui pasti persoalan didesa tersebut.

Ia menjelaskan, karena penyegelan pasti masalah serius, terkait hal itu dia juga akan minta tim pemeriksa khusus untuk menangani desa Bambalemo.

Adrudin Nur menambahkan, jika ada penyidik yang diduga berusaha melakukan pengaturan, dia tidak akan segan-segan menindak tegas setiap oknum yang melakukannya.

“Saya akan tindak tegas dan jangan coba anggap remeh, jalankan sesuai aturan sebagaimana tugas dari pemeriksaan,” tutupnya. (*Ikh)

Baca: Abrasi Minahasa Selatan, Pemda Tetapkan Tanggap Darurat 14 Hari

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.