Diduga Ada Bakteri Salmonella di Coklat Kinder

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Kinder Joy

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Sudah terjadi lebih dari 150 kasus infeksi salmonella di 9 negara eropa Produk coklat yang dibuat oleh pabrik Arlon, bagian tenggara Belgia ini ditemukan mengandung bakteri salmonella.

Pihak berwenang Eropa telah menarik produk Ferrero, pembuat Kinder Joy, produk cokelat yang populer di Indonesia, karena takut salmonella.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Nasional (BPOM) menghentikan sementara distribusi Kinder Joy di pasar. Bahkan para pelaku ekonomi yang memproduksi Kinder Joy yang beredar di Indonesia untuk sementara menghentikan  distribusi dan impor produk tersebut.Bakteri Salmonella dapat menyebabkan infeksi serius dan parah, terutama pada anak-anak, orang tua dan orang lain dengan sistem kekebalan yang lemah.

Bakteri Salmonella

Infeksi Salmonella merupakan salah 1 jenis keracunan yang paling umum yang di sebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri Salmonella merupakan jenis bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia dan hewan. Salmonella dapat keluar dari usus melalui tinja (feses/tinja).

Baca: Viral Kiyai Tampar Sayang Anggota Banser

Bakteri ditularkan dari kotoran manusia atau hewan ke manusia atau hewan.Biasanya bakteri salmonella terdapat di makanan yang terkontaminasi dari hewan. Ini termasuk daging sapi, unggas, makanan laut, susu atau telur. Terkadang bisa terdapat di semua makanan berupa buah- buahan dan sayuran yang tidak di cuci, tidak menutup kemungkinan adanya bakteri salmonella makanan tersebut.Spesies yang paling sering kita dengar adalah Salmonella enterica yang menurut perkiraan.

Baca: Pekebun Coklat Desa Matolele Merasa Diabaikan DTPHP Parimo

Gejala umum terkena infeksi salmonella

Salmonella merupakan singkatan dari penyakit kram perut dan diare yang bisa berlangsung selama 4 sampai 7 hari. Pada beberapa orang, diare mungkin parah atau berlangsung lebih lama.Secara umum, anak-anak lebih rentan tertular salmonella daripada kelompok usia lainnya.

Gejala biasanya muncul antara 6 jam dan 6 hari setelah infeksi awal dan dalam 47 hari, menurut CDC. Rinciannya adalah:

diare

kram perut dan sakit perut

demam mendadak

mual

Strain salmonella yang berbeda dapat menginfeksi urin, darah, tulang, sendi dan sistem saraf, termasuk termasuk cairan serebrospinal dan otak. Dan juga dapat memicu komplikasi serius

Beberapa orang yang terinfeksi salmonella mengalami nyeri sendi yang dikenal sebagai artritis reaktif.

Cara Menyembuhkan Infeksi Salmonella

Kebanyakan orang yang terinfeksi Salmonella sembuh dalam empat atau tujuh hari dan tidak memerlukan pengobatan. Selama sakit, orang tersebut harus minum banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare.

Seseorang yang mengalami diare berat atau yang telah sakit selama lebih dari seminggu mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Di rumah sakit, Anda akan dirawat dengan cairan infus .Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati bayi, orang  di atas 65 tahun, orang dengan sistem kekebalan yang lemah (seperti pasien kanker), dan mereka yang mengalami diare parah dan demam tinggi yang memiliki bakteri dalam darah.    

Tips untuk mencegah bakteri Salmonella

Saat memasak, cuci tangan, talenan, peralatan makan dan meja  setelah menyentuh daging mentah atau unggas. Cuci tangan Anda di antara berbagai jenis makanan (daging dan sayuran, misalnya).

Cucilah buah-buahan dan sayuran segar secara menyeluruh sebelum memakannya.

Masak makanan pada suhu aman yang disarankan:

73°C untuk semua unggas

Simpan lemari es di bawah 4°C.Masukkan makanan siap saji ke dalam lemari es dalam waktu 30 menit setelah memakannya.

Langsung masukan makanan segar ke dalam lemari pendingin segera setelah selesai berbelanja.

Menjaga makanan panas tetap panas dan makanan dingin tetap dingin.

Jangan mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung telur mentah atau susu.Cuci tangan dengan sabun setelah menyentuh ular, kadal atau reptil burung lainnya;  atau anak ayam. (*)

Baca: Manfaat Dan Bahaya Konsumsi Telur Mentah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.