2Banner GIF 2021

Dibanding Audit LSM dan NGO Pemerintah Diminta Keluarkan Data

Dibanding Audit LSM dan NGO Pemerintah Diminta Keluarkan Data
Daniel Johan

Nasional, gemasulawesi – Dibanding audit LSM dan NGO pemerintah diminta keluarkan data yang dianggap benar.

Hal itu diungkapkan. Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan menanggapi pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan terkait audit LSM dan NGO.

“Audit apanya tidak jelas, tapi bila dianggap data tidak benar, ya sampaikan saja data yang benar,” kata Daniel, Sabtu 13 November 2021.

Baca juga: Luhut Sebut Akan Audit LSM Dan NGO di Indonesia

Menurutnya, saling memperkuat persoalan data sangat penting, sehingga perencanaan bisa lebih akurat kedepannya.

Lagipula, kata politikus PKB itu, ancaman Luhut mengaudit LSM juga masih sumir. Luhut memang tidak menjelaskan audit seperti apa akan dilakukan terhadap LSM tersebut.

Baca juga: Mahkamah Agung: Media dan LSM Pilar Kekuasaan ke-4

“Kalau audit menantang agar data yang muncul lebih akurat ya bagus. Karena itu yang dipermasalahkannya kan,” jelas Daniel.

Luhut sebelumnya menyatakan bakal audit sejumlah LSM. Luhut beranggapan, LSM-LSM itu telah menyebarkan informasi yang tidak benar.

Baca juga: Oknum LSM Diduga Peras Kepala Desa Majene

Luhut melontarkan hal tersebut saat dimintai tanggapan atas bantahan dari kalangan aktivis lingkungan mengenai data deforestasi yang pemerintah klaim menurun.

Luhut lantas mempertanyakan sumber data-data yang dimiliki LSM itu. Menurutnya, data yang dirilis tidak hanya dihimpun pemerintah, melainkan sejumlah lembaga internasional. Di sisi lain, menurutnya, saat ini terdapat teknologi satelit yang tidak bisa dibohongi.

“Gini ya, yang bikin LSM dan NGO-NGO ini dari mana data dia? Kita kan yang membuat bukan hanya kita, internasional. Dan sekarang satelit itu kan nggak bisa dibohongin, enggak bisa,” klaim Luhut. (**)

Baca juga: Polres Majene Tahan Oknum LSM LP Tipikor

Sumber: cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post