Dianggap KPK Tak Mampu Novel Baswedan Tawarkan Bantuan

waktu baca 3 menit

Hukum, gemasulawesi – Dianggap KPK tak mampu Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan tawarkan bantuan kepada KPK untuk mencari Mantan Caleg PDIP Harun Masiku yang sampai sekarang masih buron.

Harun Masiku merupakan politisi PDI-P yang diduga terkait kasus dugaan suap penggantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

Baca Juga: Angka Stunting di Parimo Alami Tren Penurunan 11,4 Persen

Hal itu diungkapkan oleh Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan yang menanggapi pernyataan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto yang mengakui pihaknya sampai sekarang belum mengetahui keberadaan Mantan Caleg PDIP Harun Masiku.

“Kalau tidak mampu, bisa minta bantuan dari kami bantu tangkap HM (Harun Masiku). Saya yakin pasti tidak akan lama menangkap mantan Caleg PDIP Harun Masiku (HM),” ucap Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan di keterangan tertulis, Senin 23 Mei 2022.

Baca: Aksi Demo Pendukung Ustadz Abdul Somad Jadi Sorotan Media Asing

KPK dianggap tak mampu ia juga mengecam pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri yang menyebut Harun tak bisa tidur nyenyak dalam pelariannya.

Menurut dia, justru sebaliknya Firli seharusnya yang tidak bisa tidur nyenyak karena belum menangkap Harun Masiku, buronan selama lebih dari 2 tahun, terhitung mulai dari Januari 2020.

“Intinya tidur nyenyak atau tidak itu seharusnya itu bukan urusan Ketua KPK Firli, justru Firli yang seharusnya tidak tidur nyenyak karena belum menangkap HM yang buron,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Karyoto mengaku pihaknya sampai sekarang tidak mengetahui keberadaan mantan Caleg PDIP Harun Masiku.

Menurut dia, KPK akan menangkap Harun begitu diketahui keberadaannya.

“Kalau keberadaannya sekarang di mana, saya tidak tahu. Kalau sudah tahu keberadaannya kita pasti sudah tangkap,” ucap Karyoto saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Jumat, 20 Mei 2022.

Karyoto juga menjelaskan, kalau KPK saat ini sedang dalam tahap pencarian langsung ke lokasi yang diduga tempat tinggal Harun Masiku, jika menerima laporan.

Ia juga berharap kalau ada masyarakat yang melihat keberadaan Harun Masiku di Indonesia agar lebih mudah menangkapnya.

“Kalau di luar Indonesia, foto biometrik WNI yang lewat sebenarnya bisa dideteksi,” ucap Karyoto.

Karyoto juga meminta warga yang ingin bergabung dengan KPK untuk memburu mantan Caleg PDIP Harun Masiku agar percaya KPK bekerja.

“Jika Anda tidak percaya, bisa ikut juga, tetapi dengan biaya sendiri.kalau nanti kita mau kemana misalnya, nanti saya cek dengan bantuan polisi juga, kita pasti siap. Jangan berasumsi kita tidak mau jalan. tambah Karyoto.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan kalau pihaknya masih mencari mantan Caleg PDIP Harun Masiku.

Ketua KPK Firli yakin Harun Masiku sejauh ini belum bisa tidur nyenyak karena menjadi buronan KPK. Dia juga menegaskan kalau KPK pasti akan menangkap mantan Caleg PDIP Harun Masiku.

“Saya yakin sampai hari ini dia pasti tidak bisa tidur nyenyak. Karena KPK akan mencarinya sampai kapanpun. Tinggal menunggu waktu saja mereka pasti akan menangkapnya,” jelas Ketua Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) Firli kepada jurnalis di dalam Gedung Merah Putih KPK. Jakarta Selatan, Rabu 18 Mei 2022. (*)

Baca: Delapan Warga Kota Makassar Jadi Korban Penipuan Berkedok Arisan

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.