Dewan Pers Fasilitasi UKW Gratis di Sulawesi Tengah

waktu baca 3 menit
Foto: Uji Kompetensi WartawanJurnalis (UKWUKJ) yang digelar Forum Jurnalis Bontang (FJB) menggandeng Solopos Institute, April 2021.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Dewan Pers bersama Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan PT Aksara Solopos akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan atau UKW gratis di Kota Palu, Sulawesi Tengah, 24-25 Juli 2021.

“UKW difasilisasi Dewan Pers dengan menggunakan anggaran negara,” ungkap Manajer Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan PT Aksara Solopos, Sholahuddin dalam rilis resmi, Jumat 18 Juni 2021.

Ia mengatakan, UKW gratis dilaksanakan agar bisa menjadi wartawan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik, dilaksanakan tanpa dipungut biaya. Namun, panitia tidak menanggung biaya akomodasi peserta UKW.

2021, Dewan Pers menggandeng beberapa lembaga penguji kompetensi wartawan untuk menggelar UKW gratis di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Dewan Pers Desak Polisi Usut Kasus Tewasnya Wartawan Sulbar

“Dalam setiap UKW di masing-masing provinsi itu diikuti 54 wartawan baik dari jenjang Muda, Madya maupun Utama,” sebutnya.

PT Aksara Solopos selaku penerbit Harian Solopos mendapatkan mandat menggelar UKW gratis di dua provinsi, masing-masing di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian, UKW di Kota Palu ini untuk para wartawan bekerja di Provinsi Sulawesi Tengah. Namun demikian wartawan dari luar Provinsi Sulawesi Tengah juga bisa mendaftar.

“Secara umum, persyaratan mengikuti UKW ini, peserta harus bekerja sebagai wartawan minimal 1 tahun, berasal dari perusahaan media yang berbadan hukum khusus di bidang pers. Media massa itu aktif menjalankan kerja jurnalistik minimal enam bulan terakhir,” tuturnya.

Ia melanjutkan, peserta harus mengisi surat pernyataan bukan bagian dari partai politik, polri/TNI serta bukan bagian dari Humas Pemerintah dengan disertai meterai Rp10.000.

Peserta juga harus mengisi formulir dan berkas-berkas lain yang ditetapkan oleh panitia UKW. Peserta juga perlu menyiapkan pas foto, foto KTP, foto kartu pers, pindai (scan) badan hukum perusahaan media dan sebagainya.

“Bagi wartawan yang berminat mengikuti UKW bisa mengunduh formulir di link bit.ly/BERKASUKWPALU atau hubungi nomor saya di 0811284576. Setelah mengisi formulir di link itu panitia akan mengirimkan formulir dan berkas lengkap untuk diisi,” jelasnya.

Berkas-berkas dan persyaratan lain harus lengkap sebelum dikirim ke Solopos via email agar mempermudah panitia memverifikasi berkas calon peserta UKW.

Pendaftaran akan ditutup saat kursi terpenuhi atau maksimal dua pekan menjelang pelaksanaan UKW gratis.

Ia meminta, agar wartawan calon peserta UKW di Kota Palu ini segera mendaftarkan diri agar tidak kehabisan tempat.

Sebelum pelaksanaan UKW peserta akan mendapatkan pembekalan UKW diisi narasumber dari Dewan Pers dan jurnalis Solopos.

PT Aksara Solopos telah ditetapkan Dewan Pers sebagai lembaga penguji UKW sejak 2012 melalui SK No. 02/SK-DP/VIII/2021. Sampai saat ini Solopos telah menggelar 8 kali UKW dengan peserta wartawan dari berbagai daerah di Tanah Air. (***)

Baca juga: Ratusan Warga Suku Lauje Parimo Ikuti Pendidikan Kesetaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.