Destinasi Wisata Kabupaten Parigi Moutong

waktu baca 11 menit
Ket Foto: Destinasi Wisata Parigi Moutong.

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Tak akan ada habisnya apabila kita berbicara tentang keindahan alam yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah, destinasi wisata di Kabupaten Parigi Moutong.

Kabupaten Parigi Moutong adalah kabupaten yang terletak di daerah Sulawesi Tengah. Disana kamu dapat menemukan destinasi wisata yang mempesona dan menarik, sehingga dapat kamu jadikan pilihan tempat ketika ingin berwisata.

Untuk membantu para wisatawan yang ingin berlibur ke Parigi Moutong, berikut kami berikan informasi mengenai destinasi wisata di Kabupaten Parigi Moutong.

Wisata Alam di Kabupaten Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Untuk kamu para pecinta alam, tentunya penasaran dengan wisata alam yang ada di Parigi Moutong.

Berikut kami telah rangkum destinasi wisata alam yang ada di wilayah tersebut.

1. Pulau Kelelawar

Pulau Kelelawar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi di Parigi Moutong. Pulau ini memberikan sensasi liburan yang cukup berbeda dan unik.

Disana kamu dapat menikmati indahnya pantai ditemani dengan pemandangan ribuan kelelawar yang berterbangan menghiasi langit senja. Kelelawar ini merupakan penghuni di pulau ini dan telah sejak lama dibiarkan hidup liar di Pulau Kelelawar.

Karena banyaknya kelelawar yang hidup di pulau ini, menjadikan kelelawar sebagai ciri khas pulau. Sehingga pulau ini disebut dengan nama Pulau Kelelawar.

Jika A ingin berkunjung ke pulau ini, disarankan berkunjung di sore hari ketika matahari tenggelam. Karena di saat matahari tenggelam, ribuan kelelawar akan keluar dan berterbangan di langit.

Pulau Kelelawar berlokasi di Desa Tomoli, Kecamatan Toribulu.Untuk menuju kesana, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Parigi. Setelah itu, dilanjutkan dengan naik perahu motor selama 10 menit untuk menyebrangi lautan menuju Pulau Kelelawar.

2. Pantai Nalera

Pantai Nalera merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Parigi Moutong yang terletak di Desa Marantale Kecamatan Ampibabo. Destinasi wisata alam yang satu ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk bermain bersama anak-anak.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan adanya hamparan pasir putih yang bersih dan juga terumbu karang yang berwarna-warni. Terumbu karang ini akan muncul ketika permukaan air laut sedang surut.

Adanya kolam kecil yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh terumbu karang, menjadikan spot ini cocok dijadikan tempat bermain yang aman untuk anak-anak. Selain itu, Pantai Nalera juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk diving di pulau ini.

Di pantai ini juga terdapat dermaga kecil terbuat dari kayu yang cocok untuk dijadikan spot untuk berfoto ria. Jika kamu berkunjung ke Parigi, pastikan kamu tidak lupa untuk mengunjungi Pulau Nalera.

3. Pantai Tumpapa

Salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Parigi Moutong adalah Pantai Tumpapa. Pantai ini menjadi tempat yang banyak diminati oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Parigi.

Pantai ini terletak di Desa Malakosa. Untuk menuju tempat ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Palu. Perjalanan yang cukup memakan waktu ini akan terbayar lunas setelah kamu sampai ke Pantai Tumpapa.

Pesona indah yang disuguhkan pantai ini mampu menghilangkan rasa lelah di perjalanan. Sepanjang garis pantai terbentang hamparan pasir putih dengan ditumbuhi pepohonan sehingga menambah keindahan Pantai Tumpapa.

Disana kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dengan bersantai dibawah pohon sambil memakan cemilan dan meminum segelas kopi. Air laut yang berwarna jernih menambah keindahan pantai ini.

Kamu akan senang dan betah untuk berlama-lama bersantai di Pantai Tumpapa. Kamu juga dapat menemukan satwa liar seperti elang pantai, burung bangau, dan juga biawak.

4. Air Terjun Ogomojolo

Selain wisata pantai, destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah menarik di Kabupaten Parigi Moutong adalah Air terjunnya. Salah satu air terjun yang wajib dikunjungi ketika ke Parigi adalah Air Terjun Ogomojolo.

Air terjun ini berlokasi di Desa Ogomojolo Kecamatan Palasa. Tempat wisata ini disebut sebagai surga yang tersembunyi di Parigi. Tak banyak orang yang mengetahui air terjun ini. Padahal tempat ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata.

Air Terjun Ogomojolo memiliki daya tarik tersendiri, yaitu pemandangan di sekitarnya terdapat hutan dan bukit batu yang dipenuhi oleh akar pohon. Hal ini memberikan kesan yang alami dan asri untuk Air Terjun Ogomojolo.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus berjalan menyusuri jalanan sejauh 200 meter. Sesampainya disana, kamu akan disuguhkan pemandangan undakan bebatuan alam yang dialiri oleh air sungai.

Disini juga terdapat kolam air yang sangat jernih dan segar. Sehingga sangat segar rasanya apabila kamu berendam di kolam ini.

5. Puncak Pompausea

Untuk kamu yang ingin menikmati indahnya pemandangan laut dari ketinggian, kamu dapat mengunjungi Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory. Di puncak ini kamu dapat menyaksikan indahnya pemandangan lautan biru dan pepohonan hijau di sekitar puncak.

Selain dapat menikmati pemandangan yang indah, di Puncak Pompause ini kamu juga dapat melihat spesies kera terkecil di dunia, yaitu kera Tarsius Spektrum.

6. Teluk Tomini

Teluk Tomini merupakan destinasi wisata alam yang cocok untuk kamu yang memiliki hobi diving dan juga snorkeling. Teluk ini memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah.

Selain itu, Teluk Tomini juga memiliki arus yang tenang dan cahaya yang terang. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat diving dan juga snorkeling. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan ketika menyelam di teluk ini.

Wisata Budaya di Kabupaten Parigi Moutong

Selain memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan, Kabupaten Parigi Moutong juga memiliki destinasi wisata budaya. Dengan mengunjungi wisata budaya di Parigi, maka kamu akan lebih mengenal keanekaragaman budaya di Indonesia. Berikut beberapa wisata budaya di Parigi, antara lain:

  • Cagar Budaya Peninggalan Raja Kuti Tombolotutu

Cagar budaya peninggalan Raja Kuti Tombolotutu berlokasi di lintasan jalan Trans Sulawesi. Sehingga, kamu dapat dengan mudah menjangkau tempat ini. Cagar Budaya ini merupakan tempat diletakkannya peninggalan dari Raja Kuti Tombolotutu.

Ketika memasuki area ini, kamu akan disuguhkan pemandangan dua buah meriam yang merupakan peninggalan dari raja. Selain itu, terdapat juga beberapa pakaian bekas peninggalan kerajaan yang masih terjaga rapi.

Disana juga kamu dapat melihat foto-foto masa lalu yang bersejarah serta kamu dapat mendatangi makam dari Raja Kuti Tombolotutu dan keluarga.

  • Istana Tinombo

Destinasi wisata budaya yang terkenal di Kabupaten Parigi Moutong adalah Istana Tinombo. Berdasarkan sejarahnya, istana ini didirikan pada tahun 1930 oleh pemerintah belanda pada masa pemerintahan Raja Tombolotutu.

Bangunan ini dibangun oleh arsitektur dari Cina. Di dalam istana, terdapat rumah adat Tinombo. Para wisatawan yang berkunjung biasanya dapat secara langsung menyaksikan acara syukuran panen khas Suku Laoje.

  • Tugu Khatulistiwa

Ketika kamu berkunjung ke Parigi, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Sinei, Tinombo Selatan. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Untuk menuju destinasi wisata ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 157 km dari pusat kota Palu. Apabila kamu berkunjung pada tanggal 21 dan 23 September, maka kamu dapat melihat peristiwa menarik yaitu jarum di dalam botol melayang pada titik nol.

Wisata Kuliner Khas Kabupaten Parigi Moutong

Ketika berkunjung ke suatu kota atau kabupaten, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Indonesia merupakan negara yang memiliki makanan khas daerah yang beraneka ragam.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong, kamu wajib untuk mencicipi kuliner khas daerahnya. Berikut kami berikan informasi mengenai kuliner khas Parigi Moutong yang wajib untuk kamu cicipi.

  • Binte

Binte merupakan makanan yang terbuat dari jagung yang disajikan dengan suwiran ikan tongkol atau ikan tuna yang sudah dimasak. Makanan khas Parigi yang satu ini sekilas mirip seperti sup.

Untuk menambah kenikmatan dari Binte, kuahnya dibuat dengan menambahkan bumbu-bumbu seperti, cabai, jeruk nipis, daun pepaya, dan juga rempah-rempah.

  • Dange

Makanan khas Parigi Moutong lainnya adalah Dange. Dange merupakan kudapan tradisional khas daerah Parigi Moutong. Makanan ini terkenal akan rasanya yang sangat legit.

Makanan ini memiliki rasa yang bervariasi. Dange dapat disajikan dengan citarasa pedas dengan topping ikan teri dan kerang. Sebutan dari dange pedas adalah katue. Selain itu, dange juga dapat disajikan dengan rasa manis dengan pemberian topping gula aren.

Dange terbuat dari sagu yang dimasak dengan menggunakan belanga yang terbuat dari tanah liat. Makanan ini memiliki harga yang terjangkau dan dapat dengan mudah kamu temukan di Parigi.

Apabila kamu ingin mencicipi Dange, kamu dapat berwisata kuliner ke Desa Lebo Kecamatan Parigi. Di sebagian desa di bagian utara Parigi, Dange dikenal dengan sebutan Labole.

  • Kapurung

Kapurung merupakan makanan yang cukup terkenal di Kabupaten Parigi Moutong. Banyak warung makan di Parigi yang menyediakan menu Kapurung. Makanan tradisional ini terbuat dari olahan sagu yang memiliki tekstur kenyal seperti papeda.

Kemudian, kapurung dimakan dengan kuah kuning dan ikan yang gurih. Bahan-bahan yang dibutuhkan ketika ingin membuat makanan ini adalah sagu, sayuran, dan juga lauk seperti ikan.

  • Lalampa

Lalampa merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan putih dan diisi dengan ikan bakar yang telah digiling halus. Setelah itu, ditumis dengan bawang putih dan dibungkus menggunakan daun pisang untuk dikukus. Kemudian dilanjut dengan dibakar.

Makanan ini mirip dengan kue lemper. Lalampa memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga kamu dapat mencobanya tanpa perlu takut uang kamu akan habis.

Ketika berlibur ke Kabupaten Parigi Moutong, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah setempat. Setiap daerah memiliki makanan khas yang unik dan menarik, sehingga dapat memberikan pengalaman yang berkesan ketika berlibur.

Destinasi Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Fakta Unik Parigi Moutong

Parigi Moutong merupakan daerah yang memiliki pemandangan yang sangat elok dan indah untuk dikunjungi. Terdapat banyak destinasi wisata yang menarik dan tersembunyi yang ada di Parigi Moutong.

Setelah membahas destinasi wisata alam, budaya, dan juga kuliner yang ada di Parigi Moutong, berikut kami berikan fakta yang unik dan menarik tentang objek wisata tersembunyi yang ada di Parigi Moutong.

  • Terdapat Lokasi Panjang Tebing

Parigi Moutong memiliki destinasi wisata tersembunyi yang dapat dijadikan tempat untuk panjat tebing, yaitu panjat tebing Likunggavali. Tempat ini berlokasi di Desa Marantale.

Panjat tebing Likunggavali memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Struktur dari tebing ini tersusun dari gugusan batu granit yang kokoh. Sehingga tebing ini sangat menantang adrenalin untuk siapa saja yang ingin memanjatnya.

Selain itu, destinasi wisata ini memiliki air terjun yang indah. Jika ingin mencapai air terjun ini, kamu harus melalui beberapa desa di sekitar panjat tebing Likunggavali.

  • Memiliki Wisata Pantai Yang Eksotis

Parigi Moutong merupakan wilayah yang memiliki wisata laut dan pantai yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Disana terdapat beberapa pilihan pantai yang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan mempesona.

Hamparan pasir putih yang bersih dan juga air yang jernih menambah indahnya pemandangan di pantai yang ada di Parigi Moutong. Terlebih lagi wilayah ini memiliki Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar kedua di Indonesia.

Selain memiliki pemandangan pantai yang indah, laut di Parigi Moutong memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, Dengan terumbu karang yang beraneka ragam membuat keindahan bawah laut sangat mempesona.

Lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling dan juga diving. Disana kamu akan mendapatkan pemandangan keindahan bawah laut yang luar biasa. Sehingga akan menambah pengalaman baru untuk kamu.

  • Merupakan Daerah Khatulistiwa

Tidak hanya kota Pontianak saja, namun Parigi Moutong juga merupakan daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Ketika kamu berlibur ke Parigi Moutong, jangan lupa untuk mampir ke tugu khatulistiwa yang terletak di Desa Sinei, Tinombo Selatan.

Di daerah ini kamu akan merasakan suasana alam yang begitu unik dan menarik, yaitu kamu dapat melihat peristiwa jarum di dalam botol yang bisa melayang ketika ditempatkan di titik nol.

Peristiwa seperti ini tidak dapat kamu temukan di daerah lain. Oleh karena itu, apabila kamu ingin melihat peristiwa ini, kamu dapat mengunjungi daerah Parigi Moutong pada tanggal 21 dan 23 September.

  • Terdapat Aneka Satwa Liar

Selain itu, fakta unik lainnya yang terdapat di wilayah ini adalah adanya aneka satwa liar yang hidup di salah satu pulau di Parigi Moutong. Pulau ini bernama Pulau Kelelawar.

Dinamakan Pulau Kelelawar karena pulau ini dihuni oleh ribuan kelelawar. Ketika senja datang, kelelawar akan keluar dan berterbangan menghiasi langit Pulau Kelelawar. Terdapat berbagai jenis kelelawar, mulai dari yang berwarna kuning, hitam, dan juga cokelat.

Itulah tadi informasi mengenai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi ketika ingin berkunjung ke Parigi Moutong.

Kabupaten Parigi Moutong merupakan daerah yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata ketika berlibur. Keindahan alam yang dimiliki wilayah ini tidak kalah dengan keindahan alam di wilayah Indonesia lainnya.

Jika berlibur ke kota ini, kamu juga dapat mengetahui tentang budaya dan makanan khas daerah setempat. Sehingga kamu dapat lebih mengenal budaya dan adat di wilayah Indonesia. Yuk datang ke Parigi Moutong! (*)

Baca: Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.