Desa Lebagu Kampung Reforma Agraria Pertama di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai Tinjau Desa Lebagu (Foto/Yusuf Tim Prokopim Sekretariat daerah)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Desa Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dicanangkan menjadi kampung reforma agraria.

Kepala Kantor Pertanahan Parigi moutong, Basuki Raharja mengatakan, pencanangan kampung reforma agraria ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca: Desa Lebagu Ditetapkan BPN Jadi Kampung Reforma Agraria

“Diharapkan pencanangan kampung reforma agraria bisa menumbuhkan kemandirian warga Desa Lebagu dan menjadi etalase keberhasilan pelaksanaan reforma agraria,” terangnya di Desa Lebagu Kecamatan Balinggi Selasa, 21 Desember 2021.

Lanjut Basuki, ada dua unsur pertimbangan sehingga desa Lebagu terpilih sebagai kampung reforma agrarian, pertama telah ada realisasi asset kegiatan pemberdayaan masyarakat kampung reforma agraria dan kedua dinilai sebagai kampung tertib administrasi serta tertib hukum pertanahan.

Baca: Pemda Ajak Warga Sukseskan Reforma Agraria di Parigi Moutong

“Ada dana pembinaan diberikan hingga benar-benar mandiri, pihak BPN terus memantau selama tiga tahun kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Parigi Moutong Badrung Nggai, SE mengapresiasi Badan Pertanahan Nasional telah sukses melaksanakan kegiatan Pencanangan Kampung Reforma Agraria (KRA).

Baca: TORA Parigi Moutong, 2900 Ha Kawasan Hutan Dibebaskan

Badrun mengatakan, Reforma Agraria merupakan Program Strategi Nasional (PSN) yang di pantau langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

“Sebagai bentuk keseriusan presiden terkait hal ini dibentuklah tim gugus tugas reforma agraria mulai dari pusat hingga ke daerah,” ungkapnya.

Baca: Tiga Kecamatan Rawan Keamanan di Parimo Hambat Pendataan TORA

Ia menjelaskan, tim gugus tugas reforma agrarian adalah wadah koordinasi antar perangkat daerah maupun stakeholder agar bisa menyatukan persepsi dalam pelaksanaannya di lapangan.

Untuk itu Pemerintah daerah Parigi moutong mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca: Parigi Moutong Gelar Pelatihan Olahan Makanan dan Cendramata

“Program ini bisa mengurangi konflik agraria juga diharapkan bisa memberikan kesejahteraan dan kemakmuran warga setempat melalui inovasi dan kreasi yang diberikan melalui pelatihan,” urainya.

Ia berharap, melalui tim gugus tugas reforma agraria ini dapat menjamin pemerataan sosial ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Desa Lebagu, Benhur Ntada mengucapkan rasa terima kasih kepada BPN yang telah menetapkan Desa Lebagu sebagai kampung reforma agraria pertama di Parigi moutong. (*/fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.