Dekan FUAD IAIN Palu: Sedekah Tingkatkan Imunitas Tubuh

waktu baca 2 menit
Foto: Dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Palu H Lukman S Thahir.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiDekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Palu H Lukman S Thahir menyebut sedekah tingkatkan imunitas tubuh.

“Dengan bersedekah akan memproduksi hormon endorfin. Hormon itu bisa membuat imunitas tubuh meningkat dan tentunya sangat baik untuk kondisi badan khususnya dalam menghadapi situasi pandemi covid 19,” ungkapnya saat memberikan ceramah Ta’ziyah pada malam ketiga atas meninggalnya almarhum Jumadin Parenrengi Kepala KUA kecamatan Parigi, Rabu 7 Juli 2021 di rumah duka jalan jalur dua kelurahan Masigi Kecamatan Parigi.

Ia menjelaskan menurut seorang filosof muslim bernama Ibnu Sina menyatakan, sedekah bisa tingkatkan imunitas tubuh. Jika seseorang melakukan sedekah maka akan timbul rasa kebahagiaan.

Baca juga: Puluhan Sekolah di Parigi Moutong Lambat Lapor BOS Tahap Satu

Dan rasa kebahagiaan inilah membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Bahkan dapat menambah umur hingga 10 tahun ke depan.

“Riwayat tentang sedekah tingkatkan imunitas tubuh bahkan bisa memperpanjang umur seseorang terdapat pada kisah Nabi Ibrahim bersama seorang pemuda dan malaikat pencabut nyawa,” sebutnya.

Baca juga: Gubernur Siapkan Jalur Perdagangan Sulawesi Tengah-Kalimantan

Ia melanjutkan, Ibnu Sina juga pernah mengajarkan teori tentang mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak saat menghadapi virus black death saat itu.

Selain itu untuk menghadapi virus seperti pada situasi pandemi covid 19 ini, diharapkan agar manusia selalu berpikiran positif dan selalu bersabar atas segala ujian dari Allah SWT.

Baca juga: Gubernur Minta BRI Siapkan KUR untuk Sulawesi Tengah Rp5 Triliun

Sementara itu, Ketua MUI kabupaten Parigi Moutong H. Abdul Qasim Abd.Majid meminta umat Islam khususnya di kecamatan Parigi agar memaafkan kesalahan dan kekhilafan dari Jumadin Parenrengi baik itu sebagai kepala KUA ataupun selama menjadi pendakwah serta menjadi guru di Alkhairaat Parigi.

Baca juga: Modus Minta Sedekah, Pria Makassar Diringkus Polisi

Kepada keluarga yang ditinggal agar sabar, tabah dan bertawakal kepada Allah SWT atas ujian kematiannya serta jangan lupa untuk menjaga nama baik ditinggalkan almarhum. (**)

Baca juga: Penurunan Kelas GNI per Kapita Indonesia Akibat Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.