Dana Pilkada 2018 Dipansuskan DPRD Parimo

0
175
Dana Pilkada 2018 Dipansuskan DPRD Parimo
Rapat Pansus DPRD Parimo bersama KPUD dan Bawaslu Parimo (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.comDana Pilkada Tahun 2018 menjadi pembahasan dalam rapat lanjutan Pansus pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Parimo Tahun 2018 oleh DPRD Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng.

Rapat mengagendakan pembahasan bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Badan Pengelolaan dan Keuangan Daerah (BPKAD) Parimo. Rabu, 3 Juli 2019.

Anggota legislatif (Anleg) Parimo merasa perlu membahas dana hibah anggaran Pilkada tersebut. Pasalnya, sumber anggaran dana hibahnya dari APBD Parimo dan masuk dalam Ranperda Pertanggungjawaban APBD Parimo 2018.

Total anggaran Pilkada didasarkan pada hitungan asumsi delapan jumlah pasangan calon Pilkada Parimo 2018. Namun, hanya tiga pasangan calon yang bertarung dalam kontestasi Pilkada Parimo 2018.

Dari penjelasan BPKAD Bidang Akuntansi BPKAD Parimo, Darwis, jumlah anggaran dana hibah Pilkada 2018 senilai kurang lebih 64 Miliar Rupiah. Kemudian terbagi ke penyelenggara Pilkada yakni KPUD dan Bawaslu Parimo.

KPUD Parimo Laporkan Detail Penggunaan Anggaran Pilkada 2018

Sementara itu, anggota KPUD Parimo, Gafur, ditemui gemasulawesi.com usai rapat mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan laporan penggunaan anggaran Pilkada. Anggaran dana hibah dari APBD Parimo tahun 2018.

“Pada rapat tersebut, kami sampaikan laporan anggaran yang telah kami terima dan yang dikembalikan ke Pemda Parimo,” jelas Gafur.

Ia melanjutkan, secara rinci KPUD menerima total anggaran senilai kurang lebih 43 Miliar Rupiah dalam dua tahap pencairan. Dana tersebut digunakan untuk pelaksanaan Pilkada Parimo tahun 2018.

Selanjutnya, dari total anggaran tersebut pihaknya telah mengembalikan sejumlah kelebihan anggaran senilai 1,8 Miliar Rupiah. Pengembalian langsung ke Bupati Parimo melalui BPKAD Parimo.

“Kemudian, setelah rapat tersebut kami menunggu rekomendasi dari Pansus DPRD Parimo. Baru mengambil langkah berikutnya,” tutupnya.

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan