Sabtu, April 24, 2021

Daerah Rawan Narkoba di Sulteng, Parimo Diantaranya

BNN Sulteng Fokus Beri Edukasi Bantu Tangkal Narkoba

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Badan Narkotika Nasional (BNN), petakan lima daerah rawan Narkoba di Sulawesi Tengah. Kabupaten Parigi Moutong salah satu diantaranya.

“Ada lima daerah yang dipetakan sebagai daerah rawan peredaran Narkoba, yakni Tatanga, Anoa, Kayumalue, Pantoloan, Kampung Baru dan Kelurahan Bantaya, Parimo,” ungkap Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Sulawesi Tengah, Hartini, kegiatan rapat kerja (Raker) dengan stakeholder dalam rangka sinergi program pemberdayaan alternatif di Parigi Moutong, Selasa 23 Februari 2021.

Ia mengatakan, sebagai koordinator P2M di BNN Sulawesi Tengah, akan memberikan edukasi bagaimana cara menangkal penyalahgunaan di daerah rawan Narkoba.

Baca juga: Tujuh Orang Jadi Tersangka Peredaran Obat Ilegal Palu

Modelnya seperti melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat. Dan memberikan peningkatan kapasitas kepada para mantan pengguna Narkoba di Parigi Moutong.

“Peningkatan kapasitas berupa pelatihan life skill atau keterampilan. Gunanya menunjang perekonomian mereka,” terangnya.

Baca juga: Polisi Tangkap Dua Pengguna Narkoba di Tolai

Pemberdayaan masyarakat kata dia, yaitu memberikan kemampuan orang yang sudah pernah terindikasi Narkoba untuk dapat berbuat sesuatu positif.

Cara pemberdayaan tangkal penyalahgunaan di daerah rawan Narkoba adalah membekali mereka dengan life skill. Ini salah satu upaya pencegahan terhadap masyarakat yang rentan penyalahgunaan Narkotika.

“Ini dilakukan agar tidak terjerumus ke dunia gelap narkotika,” sebutnya.

Ia mengatakan, hasil dari Raker ini adalah stakeholder yang ada di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, bisa membangun kerjasama atau saling mendukung program pemberdayaan alternatif itu.

Baca juga: Sat Narkoba Kembali Bekuk Pengguna Narkoba di Banggai

Program itu adalah Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di daerah rawan Narkoba.

Selain itu, Raker guna menyamakan presepsi terkait pemetaan daerah rawan Narkoba di wilayah perkotaan. Sebagai proses interaktif untuk membangun dan memberdayakan masyarakat pada daerah rentan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

“BNN Pusat menunjuk langsung sasaran program prioritas yaitu di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dengan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas atau life skill,” tutupnya.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Parimo Rawan Penyebaran Narkoba

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article