Cuaca 22 Juli 2021: Sulawesi Tengah Berpotensi Cuaca Ekstrem

Cuaca 22 Juli 2021: Sulawesi Tengah Berpotensi Cuaca Ekstrem
Foto: Prakiraan BMKG cuaca 22 Juli 2021.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Peringatan dini BMKG untuk cuaca 22 Juli 2021, Sulawesi Tengah, berpotensi alami cuaca ekstrem.

Cuaca 22 Juli 2021 BMKG memperkirakan, sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Berikut cuaca 22 Juli 2021 berpotensi ekstrem:

Baca juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Bantu Masyarakat Kesulitan Ekonomi

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir: Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

Berikut wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem Rabu 21 Juli 2021:

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir: Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Gorontalo, Banten, Jawa Barat, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara

Wilayah yang berpotensi angin kencang: Nusa Tenggara Timur, Maluku.

Baca juga: Insentif Belum Cair, Banyak Tenaga Kesehatan Undur Diri

BMKG pantau sirkulasi siklonik

Sesuai informasi pada laman BMKG, Deputi Bidang Meteorologi, Selasa 20 Juli 2021, menyampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di perairan Barat Sumatera Barat – Bengkulu yang membentuk daerah konfluensi di perairan barat Sumatera Barat-Bengkulu.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di Jawa Timur, di Nusa Tenggara Timur bagian Timur, di Kalimantan Tengah bagian Utara, di Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Tengah bagian Utara hingga Kalimantan Utara, di Laut Flores, di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Banda, di Laut Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi itu.

Baca juga: Cuaca Selasa 29 Juni 2021: Sulawesi Tengah Potensi Hujan Lebat

Laporan: Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post