Rabu, Mei 12, 2021
BerandaKesehatan21 Kasus Terbaru Covid 19 di Parigi Moutong, Kecamatan Parigi Terbanyak

21 Kasus Terbaru Covid 19 di Parigi Moutong, Kecamatan Parigi Terbanyak

- Advertisement -spot_img

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Satgas Covid 19 Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyebut 21 kasus terbaru covid 19, terbanyak dari Kecamatan Parigi.

“Laporan 21 kasus terbaru covid 19 di Parimo merupakan hasil dari pemeriksaan sampel laboratorium. Dengan tanggal sampel 11-13 Januari 2021 dan hasil 19 Januari 2021,” ungkap Jubir Satgas Covid 19 Kabupaten Parigi Moutong, Irwan, SKM, di ruang kerjanya, Rabu 20 Januari 2021.

Ia mengatakan, dari 21 kasus baru covid 19 itu, Kecamatan Parigi penyumbang terbanyak dengan delapan kasus terkonfirmasi positif.

Selain Kecamatan Parigi, satu orang positif covid 19 di Tinombo Selatan, satu orang di Mepanga, satu di Parigi Selatan, satu di Parigi Barat, satu di Ampibabo, satu di Parigi Utara, tiga di Palasa, dua di Toribulu dan dua orang di Kasimbar.

Baca juga: Dinkes Siapkan 441 Vaksinator Covid 19 Sulawesi Tengah

Menurut keterangan hasil laboratorium, 21 orang terkonfirmasi positif covid 19 miliki Riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi covid 19.

Perlu diketahui, di Parimo sudah terjadi penularan atau transmisi lokal. Yang beresiko tinggi itu bukan hanya dikalangan layanan publik seperti ASN. Namun juga warga pada umumnya.

“Saat ini, hampir seluruh kecamatan di Parimo sudah mencatat warganya terkonfirmasi covid 19. Tersisa dua kecamatan masih steril,” tuturnya.

Dengan data itu dapat diartikan penyebaran covid 19 sudah sampai di pelosok-pelosok Kabupaten Parimo.

Hingga saat ini, kasus kumulatif positif covid 19 di Parimo sudah mencapai 415 kasus.

“Dengan semakin bertambahnya kasus kumulatif covid 19 Kabupaten Parigi Moutong, saya minta untuk tetap memperketat Protokol kesehatan,” tuturnya.

Baca juga: Sekda Parimo Siap Vaksinasi Perdana Covid 19

Ratusan Vaksinator Covid 19 Sulawesi Tengah

Dinkes Sulawesi Tengah siapkan 441 vaksinator covid 19 untuk menyelesaikan seluruh tahapan target penyuntikan vaksin.

“Vaksinasi pada tahap awal dilakukan dengan jangka waktu panjang. Caranya, pengaturan jadwal vaksinasi agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan lainnya,” Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng dr I Komang Adi Sujendra di Kota Palu.

Ratusan vaksinator covid 19 Sulawesi Tengah sudah dilatih untuk melaksanakan tugas. Dan masih ada tambahan vaksinator secara bergelombang. Akan dilatih dalam waktu dekat.

Sementara untuk penerima vaksin Covid 19 di Sulawesi Tengah kata dia, belum dapat dipetakan. Dosis vaksin yang dibutuhkan masih dalam proses verifikasi dari setiap kabupaten atau kota.

Sulawesi Tengah Target Vaksinasi Nakes Selesai Maret 2021

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah target vaksinasi Tenaga kesehatan atau Nakes akan selesai Maret 2021.

“Kami optimis vaksinasi covid 19 tahap awal untuk 23151 Nakes di Sulawesi Tengah dapat selesai pada Maret 2021. Sesuai dengan target sebelumnya,” tutur Komang.

Ia mengatakan, tahap pertama pelaksanaan vaksinasi covid 19 Sulawesi Tengah pada Januari 2021, diawali dari Kota Palu.

Setelah dari Kota Palu, vaksinasi covid 19 kemudian dilanjutkan ke kabupaten atau kota yang berbatasan dengan ibu kota Sulawesi Tengah.

Baca juga: Tiba di Palu, Ini Target Penerima Vaksin Covid 19 Sulteng

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.