Selasa, April 13, 2021
BerandaPARIGI MOUTONGSatgas Semprot Disinfektan Cegah Covid Kluster Perkantoran Parimo

Satgas Semprot Disinfektan Cegah Covid Kluster Perkantoran Parimo

- Advertisement -spot_img

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Satgas semprot disinfektan ke seluruh kantor perangkat daerah. Guna cegah covid kluster perkantoran Parimo Provinsi Sulawesi Tengah.

“Karena kasus positif corona melonjak, Satgas berupaya cegah covid kluster perkantoran Parimo,” ungkap Kasi Kesiapsiagaan BPBD Parigi Moutong, Muhammad Ikbal saat penyemprotan disinfektan di kantor perangkat daerah, Senin 21 Oktober 2020.

Ia mengatakan, apalagi saat ini sudah bertambah banyak pasien positif covid 19 dari kulster perkantoran.

Baca juga: Tekan Pandemi Corona, Polda Sulteng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Hari ini kata dia, ada dua kegiatan BPBD hari ini yang dilaksanakan. Pertama, operasi yustisi terhadap kebiasaan warga menggunakan masker dan penyemprotan disinfektan.

“Ini sudah dilakukan semenjak satu minggu yang lalu dan berlanjut hingga hari ini,” tuturnya.

Ia melanjutkan, hari ini sudah sekitar 12 kantor perangkat daerah yang dilakukan penyemprotan disinfektan.

Baca juga: Lokasi Kluster OTG Jadi Titik Semprot Tim Disinfektan Kota Palu

Kantor itu seluruhnya berada di Kecamatan eks-Parigi. Targetnya, penyemprotan disinfektan akan dilakukan dalam waktu satu minggu.

“Kegiatan Satgas covid semprot disinfektan diistruksikan langsung Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu,” jelasnya.

Ia menghimbau, untuk mengurangi penggunaan ruangan yang memiliki Air Conditioning (AC). Serta, memperbanyak sirkulasi udara dan sinar matahari masuk kedalam ruangan atau rumah.

Baca juga: Dinas Kesehatan Parigi Moutong Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Warga kata dia, mesti tetap mematuhi protokol kesehatan atau 3M. Yaitu, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Kemudian, jika selesai beraktivitas diluar rumah untuk segera menggantinya. Karena tidak menutup kemungkinan ada virus covid 19 yang menempel. Sehingga, dapat menulari seluruh anggota keluarga di rumah.

Apalagi dalam anggota keluarga yang rentan dengan covid 19. Seperti Ibu Hamil, Lansia ataupun anak-anak kecil.

Baca juga: Ini Jadwal Penyemprotan Disinfektan Pasar Parigi

Kasus Baru Positif Covid Mayoritas ASN, Satgas Covid Semprot Disinfektan Areal Perkantoran

Sebelumnya, dari data Satgas Covid Parimo Sulawesi Tengah, puluhan kasus baru positif covid 19 itu didominasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN)

Diketahui, data dua hari lalu terdapat penambahan 16 kasus baru positif covid 19. Dengan tambahan 16 pasien baru, maka totalnya sudah sebanyak 78 kasus corona.

Baca juga: Covid Parimo Sulawesi Tengah Membludak, Satgas Kaji WFH

“Diantara 78 kasus itu, tiga diantaranya meninggal dunia, 30 pasien yang sudah sembuh. Tiga orang masih dirawat di rumah sakit dan selebihnya 42 pasien menjalani isolasi mandiri,” sebutnya.

Terkait tiga warga Parimo yang meninggal karena covid 19 kata dia, sangat susah membedakan kronologi penularan virus pertama kalinya.

Pasalnya, sebagian besar daerah yang mengelilingi Kabupaten Parigi Moutong masuk zona merah.

Sementara akses perjalanan antar daerah ataupun ke luar daerah Sulawesi Tengah, atau mobilisasi orang sudah sangat longgar.

“Maka, belum dapat dipastikan penyebab covid 19 adalah kluster perjalanan daerah tertentu. Ataupun dari penyebaran kluster lokal,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini diharapkan untuk lebih waspada lagi. Terlebih, penyebaran covid Parimo Sulawesi Tengah sudah menunjukkan penyebaran atau transmisi lokal.  Orang bisa terpapar covid 19, tanpa harus melakukan perjalanan ke daerah zona merah.

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img