Ciri- Ciri Dan Keistimewaan Pada Malam Lailatul Qadar

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Bulan Ramadhan jelas merupakan bulan yang sangat istimewa tentunya bagi umat Islam. Di bulan ini, Allah memberikan pahala yang berlipat ganda kepada hamba-hamba-Nya yang ikhlas dan ikhlas dalam beribadah. Bagi umat Islam, Ramadhan juga merupakan bulan yang berisi malam khusus yang kita sebut malam Lailatul Qadar.

Apa itu malam Lailatul Qadar Dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Setiap perbuatan baik yang dilakukan dengan keikhlasan dan keikhlasan akan dibalas dengan berlipat ganda.Doa-doa yang dibacakan pada malam Lailatul Qadar juga berpotensi dikabulkan oleh Allah SWT. Seseorang yang terus menerus memperbanyak ibadah malam ini akan mendapatkan keistimewaan tersendiri dalam dirinya.

Baca: Kapolda Sulteng: Pers Berperan Tangkal Hoax

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat mulia di bulan Ramadhan dan juga di dijelaskan dalam Al-Quran dalam surat Al-Qadr ayat 1-5 bahwa malam ini adalah malam yang penuh kemulian “Sesungguhnya Kami Menurunkannya dia (Al Quran) pada malam kemuliaan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, Malam itu datanglah malaikat dan malaikat Jibril, dengan izin Tuhannya.

Malam yang mulia ini biasanya ditandai dengan  malam yang tenang. Malaikat turun ke bumi untuk membawa kebaikan, sehingga mereka menciptakan suasana yang bersahabat dan membuat suasana malam menjadi cerah meskipun tidak ada cahaya bulan atau cahaya lain yang bersinar. Pada umumnya orang yang menemukan malam Lailatul Qadar akan merasa sangat tenang dan  khusyuk dalam menjalankan ibadahnya.

Baca: Datuk karama Asal Usul Masuknya Agama Islam di Sulawesi Tengah

Dalam beberapa kisah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada salah satu  dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Malam-malam terpenting adalah malam ganjil atau malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

 Marhaban ya Ramadhan, selamat berpuasa Ramadhan dan semoga kita semua selalu dipertemukan  dengan malam yang sangat istimewa, malam penuh kemuliaan dan ampunan pada malam mulia tersebut. Semoga kita selalu setia dan ikhlas dalam beribadah kepada-Nya. (*)

Baca: Muhammad Al Fatih Pemuda Yang Membuktikan Janji Rasulullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.