Cegah Stunting, Ini Rekomendasi 10 Desa Prioritas

0
256
Cegah Stunting, Ini 10 Desa Prioritas Yang Direkomendasikan
Info grafik cegah stunting Parigi Moutong (Gema)

Parimo, gemasulawesi.com Cegah stunting, Badan perencanaan, pembangunan dan penelitian daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng rekomendasikan 10 Desa prioritas penanganan awal.

Rekomendasi 10 Desa prioritas adalah hasil program kerjasama peninjauan dan penentuan lokasi utama, antara Bappelitbangda dan Universitas Gajah Mada (UGM).

“Data awal dari Dinas Kesehatan Parimo, terdapat sebaran 150 desa stunting. 10 desa diantaranya jadi target awal pencegahan,” ungkap Kepala Bappelitbangda Parimo, Zulfinasran pada kegiatan rembug stunting di Kantor Bupati Parimo, beberapa waktu lalu.

10 Desa prioritas kata dia, tersebar di lima Kecamatan. Antara lain Kecamatan Moutong dan Tinombo Selatan diwakili satu desa, Kecamatan Tinombo dan Amphibabo masing-masing dua desa dan Kecamatan Palasa empat desa.

Ia melanjutkan, Desa Bambasiang, Pebounang, Dongkalan, dan Ulatan menjadi desa prioritas di Kecamatan Palasa. Kemudian, Desa Lobu jadi satu-satunya desa perwakilan Kecamatan Moutong.

Berikutnya, Kecamatan Tinombo Selatan memprioritaskan Desa Siney Tengah. Terakhir, Desa Ogoalas dan Bainaa Barat dari Kecamatan Tinombo.

“Kabupaten Parimo adalah salah satu dari 60 kabupaten yang masuk dalam Prioritas Nasional ketiga tahun 2019,” jelasnya.

Ia menjelaskan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan.

Penyebab stunting lanjut dia, diantaranya gizi buruk kronis, faktor keturunan genetik, sanitasi buruk dan lingkungan kotor, infeksi penyakit dan pola asuh anak yang buruk.

“Kesimpulannya, cara cegah stunting idealnya dengan melakukan intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif. Dan melibatkan berbagai OPD di Parimo,” tutupnya.

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan