Cegah KDRT, Ketua TP-PKK Dorong Peningkatan Kualitas Keluarga

waktu baca 2 menit
Ilustrasi

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Cegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Sulawesi Tengah dorong peningkatan kualitas keluarga dalam rangka menghapus KDRT juga berikan perlindungan terhadap perempuan dan anak sebagai makhluk sosial.

Hal itu diungkapkan Ketua TP-PKK Kota Palu, Sulawesi Tengah saat menghadiri kegiatan peningkatan penguatan kualitas keluarga cegah kekerasan dalam berumah tangga (KDRT).

“KDRT adalah kekerasan berbasis gender yang terjadi di ranah pribadi dan disebabkan oleh berbagai faktor,” ucap Ketua TP-PKK Kota Palu Diah Puspita saat mengikuti kegiatan penguatan kualitas keluarga untuk menghilangkan kekerasan dalam rumah tangga di Palu, Kamis.

Menurutnya, kekerasan dalam rumah tangga, seperti kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan oleh orang memiliki keluarga yang ada hubungan darah atau suami istri, seringkali dipicu oleh faktor ekonomi.

Baca: Remaja Hilang di Gunung Tompobulu, SAR Turunkan Tim Pencarian

Ia mengatakan, mencegah pernikahan dini bisa dimulai dari anak, memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada anak tentang pernikahan dan implikasinya pernikahan di usia yang labil.

Dia mengusulkan model pencegahan yang berbeda, yaitu pengasuhan anak dan remaja oleh kedua orang tua, yang selalu menunjukkan perhatian dan kasih sayang, dan kegiatan yang mendukung untuk mengasah keterampilan dan bakat mereka.

“Dua elemen penting untuk menjaga ketahanan keluarga adalah respon orang tua dan dorongan orang tua itu sendiri untuk mengajarkan hal-hal positif kepada anak,” kata Diah.

Menurut dia, keharmonisan rumah tangga harus ditumbuhkan di internal keluarga, agar ruang kekerasan tidak tercipta dan semakin sempit.

Diah mengatakan, perempuan dan anak merupakan kelompok yang rentan terhadap perlakuan yang tidak sesuai dengan norma sosial, oleh karena itu pemerintah dan organisasi perempuan serta lembaga lainnya mengambil pendekatan yang berbeda untuk memberantas kekerasan dalam rumah tangga.

Baca: Pemda Parigi Moutong Sediakan layanan QRIS Bayar Pajak Daerah

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.