Jangan Berlarut-Larut, Begini 20 Cara Menghilangkan Stres

waktu baca 11 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Stres banyak dialami oleh seluruh manusia dari berbagai kalangan dan usia. Sebenarnya mengalami stres adalah hal yang wajar, namun jika tidak berlebihan. Stres bisa diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya masalah pekerjaan, percintaan, dan masalah kehidupan yang rumit.

Namun jika tidak segera dihilangkan, dampak stres akan semakin besar dan bisa membuat kondisi mental serta kesehatan tubuh Kamu terganggu. Jangan biarkan stres lama-lama mempengaruhimu dan coba cari cara menghilangkan stress demi kondisi kamu kedepannya.

20 Cara Menghilangkan Stres Berkepanjangan

Apabila kalian sedang merasa stress, coba lakukan hal atau kegiatan yang bisa mengelola stres tersebut. Jangan biarkan dirimu hanya merenung sendirian tanpa melakukan apapun.  Berdiam diri dan meratapi stres hanya akan membuat stres bertambah. Berikut 20 cara menghilangkan stress yang bisa kamu lakukan:

  1. Rutin Melakukan Olahraga dan Bergerak Aktif

Cara menghilangkan stres yang pertama adalah melakukan olahraga secara rutin. Selain menyehatkan badan, olahraga juga mampu menyehatkan pikiran lho.

Saat stres, jangan malah menyendiri dan mengurung diri di kamar. Kegiatan tersebut akan semakin membuatmu merasa stres karena tidak ada hal positif yang dilakukan. Cobalah untuk keluar sebentar dan refresh otakmu dengan berolahraga.

Lakukan olahraga apa saja yang membuatmu nyaman dan bahagia seperti jogging, bulutangkis, renang, berjalan santai, atau lainnya. Jika perlu, lakukan olahraga secara rutin agar Kamu lebih sering aktif bergerak.

Tahukah kamu jika saat banyak bergerak, tubuh dengan sendirinya akan mengeluarkan endorfin atau bahasa gampangnya hormon pereda stres secara alami. Dengan lebih sering bergerak dan melakukan hal positif yang baik untuk tubuh, kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.

  1. Melakukan Kegiatan Atau Hal yang Disukai

Salah satu cara menghilangkan stress yang baik dan ampuh adalah melakukan kegiatan yang disukai, dalam hal ini adalah mengacu ke konteks positif. Kamu jangan melakukan hal negatif untuk menghilangkan stres seperti minum minuman keras atau memakai sesuatu yang terlarang.

Coba lakukan sesuatu yang membuat kamu merasa senang seperti menonton film ke bioskop, membaca buku ke perpustakaan, piknik santai di taman, menulis, nongkrong di cafe, atau pergi berbelanja (tapi jangan menjadi boros karena stres).

Jika bosan dengan aktivitas-aktivitas di atas, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif yang selama ini belum pernah dicoba karena kesibukanmu. Kamu bisa melakukannya sendiri atau bersama teman.

Baca: Kenali Berbagai Jenis Stres serta Cara Mengatasi

  1. Mendengarkan Musik

Musik yang menyenangkan dan lagu yang memotivasi bisa menjadi pilihan cara menghilangkan stress yang efektif. Diketahui, musik dengan nada lembut mampu membuat tubuh menjadi rileks dan menurunkan kadar stres seseorang.

Tidak hanya musik dengan nada lembut saja, kalian juga bisa mendengarkan musik dan lagu favorit. Namun jangan sampai kamu malah menyetel lagu galau yang nantinya akan membuat semakin stres jika stres yang kamu rasakan karena patah hati atau gagal dalam percintaan.

Lebih baik kamu mendengarkan lagu yang bisa memotivasimu. Cari lagu yang memiliki lirik penyemangat agar kamu merasa bersemangat pula.

  1. Istirahat yang Cukup

Bisa jadi stres yang kamu alami karena kurangnya tidur atau istirahat. Kebanyakan pekerjaan dan berfikir kadang membuat seseorang jadi susah tidur, padahal tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat yang cukup.

Kurangnya istirahat malah akan membuat tubuh tidak bertenaga dan kurang fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mulai sekarang coba bagi waktu bekerja dan istirahatmu.

Stres dan kurang istirahat sangat berbahaya karena bisa mengacu ke masalah kesehatan seperti depresi, kardiovaskular, dan obesitas.

Jika dirasa kamu sulit tidur, coba baca buku sebelum tidur atau ciptakan suasana tidur yang lebih nyaman dengan memberi aromaterapi dan redupkan cahaya di kamar. Jangan lupa, jam tidur normal yang cukup setiap harinya adalah 7 hingga 8 jam. Hal ini juga cukup ampuh untuk hilangkan stress. Jadi coba lakukan cara menghilangkan stress ini dengan istirahat yang cukup.

  1. Lakukan Relaksasi

Coba lakukan teknik-teknis untuk relaksasi seperti yoga atau meditasi sebagai cara menghilangkan stres. Kegiatan ini banyak dibuktikan bisa meringankan gejala depresi dan kecemasan berlebihan. Tingkatkan suasana hati lebih rileks dan lawan rasa negatifmu.

Selain mengurangi stres, yoga dan meditasi bisa membuat pikiran kamu lebih fokus dan badan menjadi ringan seakan semua beban yang menumpuk hilang. Lakukan saja kegiatan ini di rumah dengan melihat tutorialnya di YouTube.

Baca: 4 Fakta Unik Tertawa Bagi Kesehatan

  1. Liburan Bersama Teman Atau Keluarga

Kadang stres tidak bisa diatasi sendiri. Seseorang kadang butuh berbicara dan menghabiskan waktu bersama orang lain. Namun jangan sampai salah memilih orang, nanti bukannya stres hilang, yang ada Kamu semakin stres.

Banyak riset menyatakan seseorang akan merasa lebih nyaman dan tenang jika menghadapi stres bersama keluarga atau teman. Coba pergi liburan beberapa hari ke suatu tempat yang menyenangkan dan lakukan Quality Time tanpa memikirkan masalah yang membuat stres.

Kadang dukungan orang terdekat itu sangat perlu dan membuat Kamu tidak merasa sendiri. Dengan rutin berkomunikasi juga, Kamu tidak akan merasa kesepian dan sendiri lagi.  Cara menghilangkan stres ini juga banyak dilakukan oleh orang saat mereka mulai bosan dengan kegiatannya.

  1. Ungkap Keluh Kesah

Jika sedang mengalami stres, sebaiknya kamu jangan memendamnya begitu saja, yang ada stres akan semakin menumpuk dan berat. Cara menghilangkan stresnya dengan ungkap saja keluh kesahmu yang membuat stres selama ini. Kamu bisa mengungkapkannya kepada orang terdekat atau keluarga.

Setelah semua keluh kesah yang dialami selama ini dikeluarkan, yakinlah jika stres akan semakin berkurang dan perasaan menjadi jauh lebih baik. Siapa tahu orang terdekatmu malah akan membantumu menghadapi masalahmu dan membuat harimu menjadi lebih baik.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Biasanya saat mengalami stres, kebanyakan orang akan lebih memilih makanan yang kurang sehat untuk menemaninya. Hal ini wajar saja dilakukan tapi tidak boleh terus-menerus. Setelah dirasa cukup membantu menaikkan mood, cobalah mengganti asupan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ampuh juga dalam mengatasi stres yang berkepanjangan. Jadi jika kamu merasa mulai stres dengan kegiatan.Coba terapkan cara menghilangkan stres ini agar bisa beraktivitas dengan semangat lagi.

Selain berolahraga, kamu juga harus bisa mengatur pola makan yang sehat. Tubuh yang sehat akan membuatmu memiliki aura yang positif. Atur pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan bernutrisi serta hindari hal-hal negatif yang bisa merusak kesehatan seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca: Simak Tips Berikut untuk Lebih Produktif Saat Bekerja

  1. Batasi Akses Media Sosial

Tahukah kamu jika terlalu banyak melihat suatu informasi bisa mengakibatkan suatu kecemasan berlebihan? Nah untuk menghindari hal ini, coba beberapa waktu untuk membatasi sosial mediamu. Gunakan waktu istirahatmu untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat selain stalking sosial media.

Kadang menjadi orang update harus ada jedanya. Biasanya stres terjadi karena Kamu tidak sadar bahwa sering membandingkan dirimu dengan orang lain yang ada di sosial media. Akhir-akhir ini sosmed memang menjadi ajang pamer dalam hal apapun. Kamu harus membatasi menggunakannya dan mulai fokus kepada diri sendiri.

  1. Mengembangkan Hobi

Di dalam 24 jam perhari, kamu sebaiknya menyisihkan waktu luang untuk mengembangkan hobi yang sempat tertunda karena pekerjaan atau apapun itu. Jangan membuat dirimu setiap harinya dalam kondisi terbebani dan kurang adanya waktu untuk bersantai.

Mengembangkan hobi bisa menjadi cara menghilangkan stres karena jika seseorang melakukan hal yang disukai, energinya akan berubah menjadi lebih baik beberapa persen. Kegiatan ini selain bisa membantumu menghilangkan stres, juga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat lainnya.

  1. Selalu Merasa Bersyukur

Merasa bersyukur sangat perlu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam hidup ini, semua orang pasti pernah mendapatkan suatu masalah dan berada di titik terendah versi masing-masing. Meskipun sedang ada masalah, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat hidup yang telah diberikan Tuhan.

Perlu Kamu ketahui, orang yang susah untuk bersyukur akan merasa dunia selalu menekannya dan hidupnya akan menjadi kurang baik. Setiap masalah pasti ada hikmahnya. Daripada Kamu larut dalam stres, cobalah untuk menyelesaikannya dan jangan membandingkan diri terus-menerus dengan orang lain.

Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah membuat daftar harian tentang apa saja yang terjadi pada dirimu setiap harinya dan evaluasi setiap bulannya. Dengan ini Kamu akan lebih bisa mengelola stres dan semakin bersyukur kepada Tuhan karena bisa melewati hal-hal yang kurang baik dalam hidup.

Baca: Vonis Bebas, Satu Orang Terdakwa Kasus Kebakaran Gedung Kejagung

  1. Berendam Di Air hangat

Berendam di air hangat bisa menjadi salah satu cara merelaksasi tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jika tidak mempunyai waktu untuk pergi ke kolam renang, Kamu bisa berendam di bak kamar mandi rumah.

Coba lakukan hal ini dengan ditemani aromaterapi serta alunan musik lembut. Percayalah hal sederhana ini bisa mengurangi stres dan beban harian yang memikulmu. Tidak masalah jika Kamu sering melakukannya, karena memang bisa membatumu untuk lebih rileks dan tenang.

Kamu juga bisa melakukan ini setiap kali sedang mandi. Berendam di air hangat memang sangat nikmat rasanya, diluar bisa sebagai cara menghilangkan stres.

  1. Melakukan Pijat

Tanpa kamu sadari, stres bisa membuat otot pada tubuh menjadi pegal dan nyeri. Agar tidak semakin parah, kamu bisa melakukan pemijatan pada tubuh. Pijatan diketahui bisa menenangkan otot yang tegang.

Tidak hanya membuat tubuh semakin enak dan bugar, pijatan juga mampu membuat otak lebih refresh dan secara perlahan bisa mengurangi stres. Kadang tubuh yang capek bisa membuat pikiran merasa capek juga. Oleh karena itu, coba luangkan waktu untuk pijat jika sudah merasa sangat penat dengan hari-harimu yang kurang menyenangkan. Dengan melakukan cara menghilangkan stres tersebut. Kamu bisa beraktivitas lebih aktif dan bersemangat.

  1. Menata Kamar Tidur

Percaya atau tidak, kamar yang berantakan dan tidak teratur bisa memicu terjadinya stres. Luangkan waktumu untuk menata kamar tidur dan mendekornya agar terlihat lebih rapi dan nyaman. Kamu nantinya juga akan merasa nyaman saat beristirahat jika kamar rapi dan bersih.

Jangan biarkan pikiranmu yang kacau berdampak juga terhadap kamar yang kacau pula. Kamar tidur biasanya menjadi salah satu spot yang digunakan untuk mengelola stres. Namun bagaimana jika kamar kamu saja sangat berantakan? Yang ada kamu akan semakin stres.

Mulai sekarang buatlah jadwal untuk menata makar dan lakukan secara rutin. Tempat tidur tidak perlu sesuatu yang mewah, namun yang diperlukan adalah kenyamanan dan kebersihan. Percayalah jika kamu rutin menata kamar, stres yang dialami akan semakin menurun.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Semua organ yang ada di dalam tubuh membutuhkan cairan yang terpenuhi agar bisa berfungsi dengan baik, salah satunya yakni dengan rutin mengkonsumsi air putih atau air mineral. Stres bisa saja terjadi karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Saat dehidrasi, jantung akan berdetak lebih cepat dan pernapasan akan terasa lebih berat. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Maka dari itu, meskipun sedang banyak pikiran, jangan sampai untuk lupa minum air putih.

  1. Mengunyah Permen Karet

Cara menghilangkan stres ternyata bisa diatasi dengan mengunyah permen karet lho. Tidak hanya untuk menyegarkan napas, permen karet bisa mengurangi rasa cemas dan depresi.

Pernyataan ini bukan omong kosong biasa, Andrew Scholey, Ph. D bahkan menyebut jika seseorang teratur mengunyah permen karet, selain bisa mengurangi tingkat kecemasan dan depresi, juga mampu meningkatkan kemampuan multitasking.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Kurangnya beribadah kepada Tuhan memang menjadi salah satu pemicu terjadinya stres. Kamu harus lebih rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan sesuai dengan agama dan keimanan msing-masing.

Kamu bisa meminta pertolongan kepada Tuhan dengan bercerita mengenai keluh kesahmu setelah beribadah. Kadang orang saat merasa dirinya stres, malah akan jarang beribadah dan lebih memilih mengejar dunia.

Padahal Tuhan akan membantumu menyelesaikan masalah jika Kamu rajin beribadah dan meminta pertolongan. Kepada siapa lagi kamu meminta nikmat serta pertolongan selain kepada Tuhanmu karena Kamu tidak bisa menjagakan manusia di dunia ini.

  1. Bersepeda

Cara menghilangkan stres dengan bersepeda di sore hari atau di pagi hari dengan melihat pemandangan sekitar bisa membantumu mengelola stres. Kamu bisa merelaksasi diri dengan menghirup udara segar saat bersepeda santai. Kayuh pelan-pelan saja dan nikmati pemandangan sekeliling.

Kamu juga bisa bersepeda sambil mendengarkan alunan musik melalui headset. Kegiatan ini selain untuk meminimalisir stres, juga bisa menyehatkanmu. Tidak perlu jauh-jauh, cukup luangkan waktu dalam sehari untuk bersepeda mengelilingi daerah sekitar rumahmu.

  1. Selalu Berpikir Positif

Cara menghilangkan stres ke 10 yakni dengan selalu berpikiran positif. Nyatanya bisa menjauhkanmu dari rasa stres yang berlebih dan  terjadi terus-menerus. Memikirkan hal yang positif bisa membuat tubuh serta otak dapat merespon sesuatu dengan baik.

Kamu jangan terlalu banyak berspekulasi dan menganggap sesuatu memiliki selalu dampak negatif. Tidak ada salahnya menjadi orang yang selalu berpikir positif. Jangan biarkan waktumu habis hanya untuk memikirkan hal yang kurang baik dan memiliki dampak negatif.

  1. Buat Jurnal Pribadi

Manusia memiliki perasaan dan sifat yang berbeda-beda. Jika Kamu merupakan tipe orang yang kurang suka mengungkapkan isi hati kepada orang lain, Kamu bisa menuliskan semua perasaan yang dialami di jurnal pribadi.

Luapkan saja semua emosi yang terpendam tanpa memikirkan perasaan siapapun. Toh Kamu sendiri yang akan membaca jurnal pribadimu. Setelah selesai menulis, kamu bisa menyimpannya. Jurnal ini bisa menjadi catatan perubahan moodmu setiap harinya.

Menulis diyakini mampu meredakan stres dan memberi banyak manfaat. Kamu juga bisa menulis untuk mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Coba cara ulang tulisanmu dalam setiap harinya dan renungkan apa yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasinya.

Stres berkepanjangan tidak baik dan memiliki dampak yang buruk bagi tubuh serta mental seseorang. Bila cara menghilangkan stres di atas kurang efektif dan tidak berdampak apa-apa bagi dirimu, jangan ragu untuk segera kunjungi psikiater atau psikolog agar mendapatkan penanganan dan solusi yang lebih baik. Temukan tips keren lainnya yang berhubungan dengan lifestyle di blog kami. (*/Fan)

Baca: Amis Ando Tewas Setelah Ditangkap Polisi di Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.