Cara Berinvestasi Untuk Pemula, Mudah Tanpa Ribet!

waktu baca 3 menit

Ekonomi, gemasulawesi – Investasi salah satu cara untuk menjaga finansial di masa depan. Tidak hanya kalangan dewasa, tetapi anak muda juga mulai menyadari pentingnya berinvestasi sejak dini. Sayangnya, masih banyak pemula yang belum mengerti caranya berinvestasi dengan benar. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara investasi untuk pemula, ada baiknya simak pengertian investasi terlebih dahulu

Apa Itu Investasi?

Secara garis besar, investasi adalah kegiatan penanaman modal untuk masa depan yang tujuannya memperoleh keuntungan. Keuntungan yang dihasilkan dari investasi berupa bunga, royalty, hingga uang sewa. Hal inilah yang membuat investasi banyak diminati karena menjanjikan finansial di masa mendatang. 

Lalu, apa manfaat investasi? Sebenarnya banyak sekali yang bisa dirasakan ketika rutin melakukan investasi. Beberapa di antaranya, mampu memenuhi kebutuhan hidup di masa depan, mempersiapkan dana tidak terduga, menyiapkan dana untuk kebutuhan yang mendesak, hingga menjaga kestabilan finansial. 

Selain itu, nilai aset cenderung akan terus meningkat setiap tahunnya. Lalu, dapat dicairkan atau ditukarkan ketika sedang dibutuhkan. Maka dari itu, penting sekali berinvestasi sejak dini untuk membawa keuntungan mendatang. 

Tips Investasi Untuk Pemula

Investasi tidak hanya meningkatkan pundi-pundi keuangan saja, tetapi ada pula yang bertujuan mempersiapkan uang untuk membeli rumah, membeli kendaraan, pernikahan, liburan, dana pensiun, dan biaya pendidikan. Ketika baru memulai, biasanya akan merasa kesulitan untuk mengelola keuangan. Maka dari itu, Anda bisa simak cara investasi untuk pemula, bawah ini.

Menentukan Tujuan Melakukan Investasi

Seperti yang sudah disampaikan investasi harus mempunyai tujuan terlebih dahulu. Sebagai contoh, ingin mempersiapkan dana darurat, membeli rumah, hingga menambah pundi-pundi keuangan. Mengapa harus mempunyai tujuan investasi? Karena, mampu membangun komitmen dalam mencapai keinginan. Jika investasi tidak berlandaskan pada tujuan, tentu akan sulit konsisten, tidak ada tujuan mengalokasikan dana, hingga kehilangan motivasi. 

Menentukan Instrumen Investasi

Setelah mempunyai tujuan yang jelas, Anda juga harus menentukan pilihan instrumen investasi yang diinginkan. Kini, banyak sekali jenis investasi yang populer di Indonesia. Beberapa di antaranya, seperti saham, reksa dana, emas, properti, deposito, dan sebagainya.

Salah satu bentuk investasi yang harganya menjanjikan adalah properti. Sebab, harga tanah dan bangunan terus meningkat setiap tahunnya karena lahan yang semakin sempit. Bahkan, tanah di tengah kota saja sudah dibandrol dengan harga ratusan juta hingga miliaran. 

Konsisten Dalam Melakukan Investasi

Salah satu cara investasi adalah konsisten untuk mengalokasikan sebagian pendapatan. Hal ini menjadi kunci utama keberhasilan dalam mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Anda dapat menyesuaikan pendapatan atau finansial, sehingga kebutuhan sehari tetap terpenuhi dan investasi juga lancar.

Anda dapat mengatur keuangan dan menjadikan investasi sebagai rutinitas bulanan yang harus terpenuhi berapapun jumlah yang dimiliki. Jika mendapatkan gaji pada awal bulan, maka dapat membiasakan diri berinvestasi pada awal bulan juga. Dengan begitu, Anda tidak menunggu lagi kapan waktu yang tepat melakukan investasi. Akan tetapi, bisa mencicilnya sedikit demi sedikit hingga terwujud kebebasan finansial pada masa depan. 

Memperkuat Pengetahuan Tentang Investasi

Banyak sekali pemula yang ingin berinvestasi, tetapi masih minim pengetahuan. Hal inilah yang membuat sebagian orang bisa gagal dan akhirnya berhenti berinvestasi. Padahal, bila dilakukan secara rutin sedikit demi sedikit, investasi bisa menjadi pundi-pundi keuangan.

Salah satu cara investasi untuk pemula, yaitu memperkaya pengetahuan mengenai investasi. Paling tidak, Anda memahami pengetahuan ilmu-ilmu dasarnya. Anda bisa memanfaatkan internet atau media sosial untuk mencari informasi mengenai investasi. Banyak sekali media sosial yang berbagi tips secara gratis. Selain itu, bisa juga mengikuti komunitas untuk saling bertukar pikiran tentang investasi.  (*/Fan)

Baca: Intip, 5 Tips dan Trik Membuat Konten Website Menarik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.