fbpx

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dimana Saja

waktu baca 11 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Cara mudah belajar Bahasa Inggris sangat penting untuk diketahui, apalagi bahasa itu kini menjadi bahasa global dan memang harus menjadi salah satu bahasa wajib yang dikuasai selain bahasa Indonesia. Seperti banyak orang tahu bahwa bahasa merupakan suatu alat komunikasi. Jika tidak tahu mengenai bahasa lalu bagaimana kamu bisa berkomunikasi?

Teknologi kini semakin canggih dan hampir semua menggunakan bahasa Inggris. Penting bagi kamu apalagi generasi muda untuk dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar agar tidak mengalami kemunduran.

Untuk dapat menguasai bahasa Inggris, tentu kamu harus berani dan siap untuk memulainya dari awal. Cara belajar bahasa Inggris tidaklah sesulit yang kamu pikirkan kok. Ada banyak sekali cara dan juga tips yang tepat dan bisa kamu jadikan acuan untuk mulai belajar bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dimana Saja

Sudahkah kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Nampaknya bisa berbahasa Inggris memang menjadi hal wajib bagi generasi muda saat ini. Bahkan beberapa orang yang lebih dewasa pun juga mulai belajar bahasa Inggris untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

Beberapa cara belajar bahasa Inggris mungkin sudah pernah kamu coba namun kadang  merasa kurang puas dan tidak ada perkembangan. Apalagi jika harus pergi belajar ke sekolah khusus bahasa Inggris yang cukup menghabiskan banyak uang, waktu dan juga tenaga.

Padahal untuk belajar, kamu bisa melakukannya dimana saja termasuk dirumah dengan cara sederhana yang mungkin kamu tidak sadar bahwa itu bisa melatih bahasa. Nah, berikut tips dan cara belajar bahasa Inggris dengan mudah di rumah:

  1. Mulailah Dengan Niat

Segala sesuatu yang akan dilakukan harus didasarkan dengan niat dan kemauan dari hati serta penuh kesadaran. Cara ini merupakan kunci utama agar kamu belajar dengan serius karena sudah berniat dan komitmen sejak awal.

Akan ada banyak halangan yang siap menghadang ketika seseorang sedang ingin fokus belajar sesuatu, namun karena kamu sudah memiliki tekad yang kuat, pasti halangan itu tidak lagi kamu pikiran dan buang jauh-jauh. Kemauan yang kuat juga akan membuat kamu lebih semangat dan cepat paham dengan ilmu yang ada.

Beberapa orang melewatkan cara ini dan langsung saja melakukan berbagai cara belajar bahasa Inggris dengan banyak gaya, tetapi malah berhenti di tengah jalan entah karena merasa bosan atau merasa kesusahan. Jadi, tekadkan niat kamu dulu ya.

Baca: Seorang Pria Ditangkap Polisi Usai Melakukan Pencurian Senapan di Bali

  1. Ubah Bahasa Smartphone

Terdengar lucu dan sederhana, suatu hal besar itu bisa terjadi karena adanya banyak hal kecil yang kamu lakukan lho, dan salah satunya adalah cara ini. Smartphone menyediakan fitur bahasa Inggris di dalamnya. Jika bahasa smartphone kamu masih bahasa Indonesia, ubahlah melalui setting ke dalam bahasa Inggris.

Mengapa hal ini bisa berpengaruh pada pengetahuan bahasa Inggris kamu? Hampir setiap saat smartphone ada di genggaman, dan tentunya kamu bisa belajar setiap hari mengenai kosa kata yang sangat banyak di smartphone milikmu.

Contoh sederhana adalah kata Turn Off, Turn On, nama-nama hari dan bulan, berbagai macam bahasa Inggris cuaca dan banyak kosa lagi. Kata-kata yang sebelumnya kamu tidak tahu bisa sangat dengan mudah diketahui setelah mencobanya.

  1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Beberapa orang menganggap bahwa ini adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris yang efektif lho. Apakah kamu termasuk bagian dari orang-orang yang ingin tahu mengenai makna lagu agar mendengarkannya lebih dari hati dan lebih khidmat?

Jika tidak, cobalah untuk mulai melakukan itu. Saat ini Musik sudah sangat global dan penyebarannya sangat pesat mulai dari bahasa Inggris, Korea bahkan Bahasa Mandarin. Sampai saat ini, lagu yang paling banyak didengar dan diminati adalah lagu dengan bahasa Inggris.

Beberapa lagu bahasa Inggris memang sangat enak di dengarkan sehari-hari untuk mengisi waktu luang atau menemani hari-harimu. Sangat mungkin bagi siapa saja yang mendengarkan kemudian bisa hafal secara tidak langsung.

Ketika kamu hafal lirik lagu, tahu makanya dan bisa tepat dalam pelafalannya, tandanya kini kamu sudah memiliki tambahan kosa kata bahasa Inggris dan itu adalah cara belajar yang sangat mengasikkan.

  1. Menonton Film Dalam Bahasa Inggris

Selain mendengarkan lagu, menonton film juga bisa menjadi cara belajar bahasa Inggris yang sangat mengasyikkan. Kegiatan menonton film kini memang menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang apalagi untuk generasi anak muda terlebih untuk pelafalannya.

Mungkin untuk awal agak sulit untuk bisa menonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia. Mulailah dengan menonton film tema sederhana yang kamu suka, jangan langsung menonton film dengan tema berat yang nantinya malah membuat kamu semakin bingung.

Beberapa kosa kata di film adalah ungkapan khas dari film itu sendiri. kamu bisa mengingat perkataan para aktor yang kemudian akan melekat di ingatan. Akan ada banyak sekali kata sederhana bahkan kata yang belum pernah kamu dengarkan di film. Ingatlah setiap kosakata dengan baik.

Baca: Ketahui Cara Membuat E-mail Baru Secara Cepat

  1. Mencari Informasi Dengan Bahasa Inggris

Cobalah melakukan cara ini untuk menambah wawasan bahasa Inggris kamu. Bagaimana dengan mencari informasi mengenai cara mencegah depresi atau gangguan mental dan semacamnya dengan keyword bahasa Inggris di Google atau alat pencarian lainnya.

Secara tidak langsung, kamu belajar untuk membaca tulisan bahasa Inggris pelan-pelan dan sedikit demi sedikit bisa memahami makna yang disampaikan. Membiasakan hal ini tentunya akan membuat penguasaan bahasa Inggris kamu naik drastis.

Mencari informasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Selain mendapatkan suatu informasi yang dicari, kamu juga kini telah mulai belajar untuk melihat dunia luar lebih luas terutama dalam bahasa Inggris agar tidak terlalu kaget.

  1. Mulai Mencoba Menulis Dengan Bahasa Inggris

Selain membaca, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menulis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar ya. Jika membaca dan mendengarkan sudah kamu coba lakukan, kini lanjutkan di langkah selanjutnya yaitu mulai belajar untuk menulis dalam bahasa Inggris.

Beberapa kata bahasa Inggris memiliki pelafalan dan tulisan yang berbeda. Dengan cara menulis, tentu kamu akan mencari tahu lebih bagaimana tulisan yang benar dan sesuai antara tulisan dan pelafalannya, sehingga tidak terjadi kesalahan yang menyesatkan di kemudian hari.

Membiasakan diri dengan menulis merupakan cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penguasaan bahasa Inggris tidak hanya pada vocal saja, tapi juga sangat penting bagi kamu untuk memiliki pengetahuan dalam penulisan.

  1. Mencatat Kosa Kata yang Asing Bagi Kamu

Masih berhubungan dengan penulisan, namun tidak sefokus menulis sesuatu yang panjang seperti kegiatan menulis surat dan sebagainya. Mencatat Kosa kata asing juga berguna untuk menambah kosa kata bahasa Inggris yang kamu miliki.

Beberapa kata asing bisa kamu dapatkan kapan saja dan dimana saja, bisa jadi ketika kamu sedang menonton film, mendengarkan lagu atau sedang mencari informasi di internet dengan bahasa Inggris seperti cara-cara di atas.

Ketika kamu merasa ada kosa kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya dan asing, mulailah mencari tahu kosa kata itu dan kemudian catat di buku catatan kecil yang sudah kamu peruntukan memang untuk catatan kosa kata bahasa Inggris.

Mengapa hal ini penting? Bahasa sangat luas dan terus belajar bukanlah pilihan yang salah. Selain menghafal dan melafalkan, kamu juga bisa tahu bagaimana tata cara penulisan yang benar. Kosa kata yang banyak adalah awal tanda bahwa penguasaan bahasa Inggrismu meningkat.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Menggunakan media sosial harus bijak dan itu wajib bagi kamu para penggunanya. Pernahkah berfikir bahwa di media sosial kamu bisa belajar bahasa Inggris? Bagaimana media sosial bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris?

Saat ini banyak sekali aplikasi media sosial yang di pakai oleh banyak orang seperti Instagram dan juga tiktok misalnya. Mari mulai dari Instagram, sebagian besar orang pasti mengikuti atau follow artis atau influencer luar negeri bukan?

Motivasi mengikuti mereka mungkin karena kamu merasa cocok dengan konten dan gaya hidupnya yang ada disana. Sebelum menyukai fotonya, cobalah baca caption yang orang itu tulis dan cari tahu apa makna dari caption yang dia tulis. Wah kosa kata baru lagi pastinya.

Kegiatan sehari-harinya juga pasti sering ditampilkan di instastory yang ada. Ketika dia berbicara, cobalah untuk mengingat dan mencerna cara pelafalannya dengan baik dan teliti.

Begitu juga di tiktok, banyak artis dan influencer menguploadnya video dengan bahasa inggris. Seperti trend yang sedang viral atau hal lain, kosa kata pada tulisan yang ada di video tentu bisa kamu ingat-ingat atau bahkan dicatat untuk menambah kosa kata bahasa Inggris lagi.

Baca: Begini Cara Mengecek Saldo E-Money Bank dan Dompet Digital!

  1. Membeli Buku Belajar Bahasa Inggris

Poin ini merupakan cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk menjadi acuan dan dasar yang kuat. Mungkin ini akan sangat membosankan karena belajar dari buku dengan tema pelajaran, pasti akan membuat mengantuk dan merasa sulit.

Kembali pada cara pertama yaitu niat, jika kamu merasa bosan, kembali tekadkan niat dan coba cara lain yang sudah ada namun tetap tidak bisa meninggalkan buku pengetahuan sebagai sumber referensi valid agar lebih tertata.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan? Buku pengetahuan bahasa Inggris ini biasanya akan mulai dipakai pada anak kecil untuk menjadi dasar mereka belajar yang lebih menyenangkan dengan gambar dan warna menarik.

Jika untuk usia dewasa, maka materi yang diberikan tentu harus lebih sesuai dengan kebutuhan yang ada. Menjadikan buku sebagai pedoman adalah hal yang sangat penting. Seperti yang kita tahu bahwa  buku adalah sumber ilmu dan pengetahuan.

  1. Bergabung Di Grup Belajar Bahasa Inggris Di Sosial Media

Bersama dengan orang yang satu tujuan tentu sangat menyenangkan. kamu bisa mendapatkan ilmu dan juga sharing pengalaman yang sudah dialami sebelumnya atau bahkan belum pernah kamu alami sekalipun di dalam hidup.

Grup dengan satu tujuan bersama ini nantinya akan sangat membantu antara satu dan yang lain ketika sedang mengalami kesulitan. Fakta juga mengatakan bahwa belajar bersama lebih efektif karena tidak membosankan.

  1. Mengikuti Kursus Daring Atau Online

Belajar Bahasa Inggris di rumah saja mungkin terdengar sulit dan diragukan, namun apakah bisa? Cara belajar bahasa Inggris itu ada banyak dan bahkan bisa dilakukan di rumah seperti mengikuti les secara online.

Bagi kamu yang sibuk dengan segala kegiatan dan tidak punya waktu banyak untuk kursus di luar, mengapa tidak mencoba untuk kursus online saja. Ada banyak sekali lembaga dan jasa yang menyediakan layanan seperti ini. Mulai dari lembaga formal maupun non formal.

Layanan ini memang diperuntukan untuk kamu yang sibuk namun tetap ingin belajar meskipun hanya dari rumah saja. Teknologi digital kini sudah canggih belajar secara online dan virtual bukan lagi menjadi masalah kok, bahkan lebih menyenangkan karena lebih fleksibel.

  1. Mencari Teman Dari Luar Negri

Akan menjadi ide yang bagus jika kamu bisa memiliki teman dari luar negeri yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya. kamu bisa banyak belajar dari situ untuk lebih tau bagaimana sih pelafalan yang benar dan cara penyampaian yang benar.

Teman dari luar negeri juga pasti akan dengan senang hati membantu kamu ketika sedang mengalami kesusahan dalam bahasa dan komunikasi.

Beberapa komunikasi yang bisa kamu lakukan tentu dengan banyak cara, bisa melalui pesan teks atupun bisa telpon dan video call. kamu membutuhkan penguasaan bahasa Inggris untuk itu, dengan terus belajar berkomunikasi pasti pelan-pelan kemampuan bahasamu akan meningkat.

Belajar bisa kamu lakukan dimana saja. Ambil contoh YouTubers terkenal Fiki Naki, dia melakukan kegiatan ome tv untuk menambah teman dan kemudian belajar bahasa baru disana., termasuk bahasa Inggris.  Mau tidak mau maka dia harus terus menambah penguasaan bahasanya agar komunikasi lebih lancar dan tidak salah.

Baca: 13 Cara Memulai Bisnis Online Mudah, Praktekkan Sekarang!

  1. Membiasakan Diri berbahasa Inggris

Belajar tanpa praktek adalah kosong. Mengapa kamu butuh membiasakan diri untuk berbicara bahasa Inggris? Salah satunya adalah supaya kamu selalu ingat dan percaya diri. Carilah teman yang satu frekuensi dan lakukan percakapan singkat dengan bahasa Inggris.

Selain berbicara, cobalah hal sederhana lain seperti menulis caption sosial media dengan bahasa Inggris. Tidak perlu minder dan takut salah dalam pemilihan kosa kata. Semua orang yang sedang belajar pasti pernah melakukan kesalahan.

  1. Bernyanyi Dalam Bahasa Inggris

Hobi kamu menyanyi? jika iya maka akan sangat pas untuk menjadikan ini sebagai cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan. Sebelum menyanyikan sebuah lagu, tentu kamu harus tahu apa makna dari lagu tersebut.

Mengapa itu penting? Karena tentu saja kamu ingin pesan di lagu yang dinyanyikan akan sampai ke telinga pendengar dengan pas dan cocok. Ketika mencari arti dan makna lagu, pasti kamu mendapatkan kosakata baru dan akan selalu terngiang di kepala, bahkan luar kepala.

Selain maknanya, kamu juga akan lebih tau mengenai pelafalannya. Penyanyi asli dari lagu tersebut tentu menjadi referensi dalam hal melafalkan lagu. Maka dari itu menyanyi bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk  belajar bahasa Inggris.

Pilih Salah Satu Cara Belajar Efektif Tersebut dan Terapkan!

Bahasa Inggris adalah bahasa global dan universal. kamu bisa menggunakan bahasa Inggris di bagian negara manapun karena memang pasti sangat diperlukan. Maka dari itu tentu setiap orang perlu menguasainya meskipun tidak harus mahir sekali, termasuk kamu. Semoga cara belajar bahasa Inggris di atas bisa membantu. Oh iya Kamu juga bisa menemukan tips & trik cara belajar bahasa Inggris yang efektif lainnya dari kami. Maka dari itu kunjungi tulisan-tulisan kami lainnya, ya disini. (*/Fan)

Baca: Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.