Bupati Parimo Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD

0
51
Bupati Parimo Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD
Rapat Paripurna DPRD Parimo Atas Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD (Foto: Rafii)
SHARE

Parimo, gemasulawesi.com- Bupati Parimo menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD, terkait Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Parimo Provinsi Sulteng Tahun 2018.

Diketahui, DPRD Kabupaten Parimo menerima Rancangan peraturan daerah (Ranperda) LPJ pelaksanaan APBD Tahun 2018 untuk dibahas sebelum dijadikan Peraturan daerah (Perda).

Dari pantauan gemasulawesi.com, di ruang sidang DPRD Parimo, Jum’at, 10 Mei 2019, sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD I Ketut Mardika didampingi Wakil Ketua DPRD Haris Lasimpara dan dihadiri perwakilan Bupati bagian Administrasi Umum, H Amran.

“Bupati Parimo menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD, yang telah menerima LPJ pelaksanaan APBD 2018,” ungkap H Amran.

Selanjutnya, kesempatan untuk menyampaikan tanggapan terhadap sumbangan pemikiran maupun pertanyaan terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018.

Kemudian, setelah mempelajari pernyataan dan pertanyaan, yang dikemukakan fraksi pada sidang sebelumnya, penyampaian jawaban Bupati termuat dalam 21 halaman.

“Terkait realisasi pendapatan daerah senilai Rp1,490 Triliun yang tidak mencapai target, tahun 2018 dari yang ditargetkan sebesar Rp1,513 Triliun,” jelasnya.

Penyebabnya, adalah faktor tingginya penetapan target yang tidak disinkronkan dengan target APBN, faktor bencana alam, rendahnya kesadaran wajib pajak dan retribusi daerah.

Berikutnya, kurangnya kualitas dan kuantitas pengelola pendapatan, lemahnya sistem pengendalian dan pengawasan.

Serta, kurangnya sarana dan prasarana untuk pemaksimalan pendapatan retribusi sehingga potensi pendapatan belum maksimal.

Akhir sesi rapat paripurna DPRD, menyepakati membentuk Pansus untuk menganalisa lebih jauh dokumen pertanggung jawaban tersebut.

Pansus yang telah dibentuk, diketuai oleh I Made Yastina dan sekretarisnya oleh Arif Alkatiri, akan menyusun jadwal untuk rapat selanjutnya.

Baca juga: Bupati Parimo Serahkan Raperda LPJ APBD 2018

Laporan: Muhammad Rafii


SHARE

Tinggalkan Balasan