2Banner GIF 2021

Bupati Minta Gubernur Sulteng Bantu Bangun Jalan Kantong Produksi di Sigi

Bupati Minta Gubernur Sulteng Bantu Bangun Jalan Kantong Produksi di Sigi
Foto: Bupati Minta Gubernur Sulteng Bantu Bangun Jalan Kantong Produksi di Sigi.

Gemasulawesi– Bupati Sigi Mohamad Irwan, meminta ke Gubernur Sulawesi Tengah untuk membantu pembangunan jalan kantong produksi pertanian di wilayah Kecamatan Kulawi Selatan.

“Saya telah menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Sulawasi Tengah dipimpin Wakil Gubernur Ma’mun Amir, di Kota Palu beberapa waktu lalu,” ungkap Irwan, belum lama ini.

Menurut dia, daerah-daerah potensi pertanian seperti Gimpu, Peana dan Kalamantan yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Selatan, sangat membutuhkan infastruktur jalan kantong produksi pertanian untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Baca juga: Miliki Sabu, Polisi Amankan Dua Warga Sigi Sulteng

Kondisi itu kata dia, telah disampaikannya kepada Gubernur Rusdy Mastura, saat Mohamad Irwan bersilaturahim dengan Gubernur. Kemudian, saat Gubernur mengunjungi Kantor Bupati Sigi di Dolo.

Pihaknya sangat optimis, dengan terbukanya jalan-jalan kantong pertanian itu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan menekan inflasi daerah saat ini.

Dia mengemukakan, Sigi merupakan daerah potensial pertanian, dan sebagian besar potensi pertanian itu berada di wilayah saat ini masih terisolir, karena belum ada akses jalan yang dapat dilalui.

Akibatnya, masyarakat petani sulit untuk mendistribusi hasil-hasil pertanian mereka ke pasar, utamanya mereka yang berada di wilayah pegunungan.

Menurut dia, minimnya infastruktur jalan ke daerah-daerah yang masih terisolir saat ini, membuat masyarakat petani sulit untuk berkembang dari sisi ekonomi dan peningkatan taraf hidup.

“Sebagian besar kecamatan khususnya di wilayah pegunungan masih terisolir disebabkan akses jalan sulit,” sebutnya.

Dia pun mengharapkan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulteng untuk membangun infastruktur di daerah itu, dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

“Pembangunan infastruktur dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya peningkatan dan perluasan inflasi daerah,” ujarnya.

Diketahui, Sigi sebagai kabupaten yang dimekarkan dengan luas wilayah mencapai 5.196,02 kilometer persegi dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 245.057 jiwa yang tersebar di 177 desa dan 16 kecamatan.

Terus berupaya melakukan pemetaan wilayah diberbagai aspek bidang pembangunannya, termasuk pengembangan infrastruktur yang ada.

Namun, hingga saat ini pula masih banyak terdapat wilayah terpencil di Kabupaten Sigi yang masih terisolir. (***)

Baca juga: Miliki Sabu, Polisi Amankan Dua Warga Sigi Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post