Kota Palu Masih Berlakukan Buka Tutup Pintu Masuk

  • Whatsapp
Kota Palu Sulawesi Tengah Sulteng Masih Berlakukan Buka Tutup Pintu Masuk
Kota Palu Masih Berlakukan Buka Tutup Pintu Masuk

Berita kota palu, gemasulawesiTekan penyebaran virus corona, Pemkot masih berlakukan buka tutup pintu masuk ke Kota Palu.

“Pemerintah Kota Palu bersepakat akan tetap memberlakukan buka tutup kembali di pintu masuk wilayah Kota Palu sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” ungkap Wali Kota Palu Hidayat, saat Rapat koordinasi (Rakor) bersama beberapa pimpinan OPD dan Camat se-kota Palu di kediaman Wali Kota Palu, Kelurahan Tavanjuka, Selasa 4 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Hal ini dilakukan karena berbagai pertimbangan berdasarkan fakta-fakta di lapangan yang sudah diungkapkan OPD yang bertugas.

Salah satunya adalah terdeteksinya delapan orang dari Makassar yang terkonfirmasi positif Covid-19 secara kumulatif sejak pos lapangan diberlakukan April 2020 lalu.

“Angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Manado, Gorontalo dan Makassar masih sangat tinggi. Kita di Kota Palu sangat khawatir dengan beberapa daerah itu. Apalagi Kota Palu merupakan sentra keluar masuk orang,” ungkapnya.

Menurutnya, konsep penanganan Covid-19 di Kota Palu mengadopsi cara-cara Wuhan, yang mana ada tiga kasus yang betul-betul di awasi yaitu Pelaku Perjalanan, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pelaku Perjalanan kata dia, harus melalui pemeriksaan kesehatan di pintu masuk Kota Palu. Kemudian, kasus OTG dan ODP tidak boleh melakukan isolasi mandiri.

Namun, harus dirawat di pondok perawatan yang telah disiapkan di Asrama Haji dan Rusunawa Pantoloan.

“Tiga kasus itu betul-betul kita redam. Sehingga, warga Kota Palu sudah bisa merasakan hasil dari kerja Pemkot Palu, angka Covid-19 betul-betul kita bisa tekan,” lanjutnya.

Sehingga, ia telah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu untuk membuat surat kepada Gubernur Sulawesi Tengah. Tujuannya, agar kiranya Kota Palu tetap diberikan ruang untuk melakukan kebijakan-kebijakan dalam rangka menjaga kesehatan warga.

“Saya mohon kepada Gubernur, agar kami Pemerintah Kota Palu diberikan kelonggaran dalam mengambil kebijakan-kebijakan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Kota Palu,” harapnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.