Kamis, April 22, 2021

Buka Pasar Avosale, Walikota Palu Janji Buat Koperasi

Must read

Berita kota palu, gemasulawesi– Walikota Palu resmi buka Pasar Avosale inisiasi Komunitas Pedagang Keliling Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Kami akan mewujudkan pembangunan Pasar Avosale tahun 2022. Supaya bisa dimanfaatkan pedagang-pedagang pinggir jalan,” ungkap Walikota Palu, Sulawesi Tengah, H Hadianto Rasyid, di Kota Palu, Senin 5 April 2021.

Tujuan pembangunan Pasar Avosale, Kota Palu, Sulawesi Tengah kata dia, agar pedagang bisa masuk ke dalam dan lebih tertib.

Ia juga mengatakan, akan membuat koperasi di setiap pasar Kota Palu. Sehingga, para pedagang dengan mudah memperoleh modal usaha di koperasi itu.

“Prinsipnya, ini sudah masuk dalam program kita yakni penguatan UMKM diantaranya para pedagang-pedagang ini,” ungkapnya.

Baca juga: Raih 39,3 Persen Suara, Pasangan Hadiato – dr Reny Deklarasikan

Walikota berharap ketika program yang direncanakan berjalan, masyarakat mau menyukseskannya dengan cara tertib. Sehingga, ketika mendapat modal usaha itu dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagind) Kota Palu Syamsul Saifudin mengatakan, Pasar Avosale ini sudah lama dibangun melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Baca juga: DPRD Kota Palu Usulkan Pengesahan Walikota Terpilih ke Kemendagri

Saat dirinya menjadi Kepala Dinas Perdagind, ia memantau pasar ini tidak jalan. Akhirnya, pasca bencana 2018 silam pihaknya mencoba mengaktifkan lagi dengan memasukkan para pedagang.

“Alhamdulillah beberapa bulan sudah jalan. Pandemi covid 19, jadi mati lagi pasarnya,” tuturnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Jadi Tersangka

Ia menyatakan, pengelolaan Pasar Avosale nantinya tergantung pimpinan. Apakah diserahkan ke Dinas Perdagind atau Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja, mengingat asetnya adalah di Dinas Koperasi.

Kalau memang pengelolaannya di Dinas Perdagind Kota Palu, katanya ia berkomitmen akan mengelola Pasar Avosale secara profesional. Sehingga, pasar dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Diketahui, pasar itu terletak di Jalan Sultan Alauddin, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi. Sudah kembali beroperasi dan dimanfaatkan para pedagang keliling.

Baca juga: Kejari Sebut Dugaan Korupsi Ketua PDI-P Parimo Masuki Tahap Pra Penuntutan

Baca juga: KPU Kota Palu Tetapkan Empat Paslon Walikota Pilkada 2020

Laporan: Rafiq

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article