Buka Bursa Tenaga Kerja, Disnakertrans Parimo Gaet PPMI

0
216
Buka Bursa Tenaga Kerja, Disnakertrans Parimo Gaet PPMI
Calon pendaftar kerja di Disnakertrans Parimo (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Buka bursa tenaga kerja, Dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Perusahaan Pekerja Migran Indonesia (PPMI).

Pantauan gemasulawesi.com di Kantor Disnakertrans Kabupaten Parimo, Jumat, 5 Juli 2019. Terlihat sejumlah warga usia muda mendaftar untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Pembukaan lowongan pekerjaan bagi warga Parimo yang memenuhi syarat untuk masuk bursa tenaga kerja,” ungkap Ilham Kabid Pembinaan, Pelatihan, Pasar Kerja dan Perluasan Penempatan Tenaga Kerja (P5TK) Disnakertrans Parimo.

Ia melanjutkan, pihaknya kini buka bursa tenaga kerja bagi generasi muda yang sudah memenuhi syarat administrasi untuk penempatan sebagai Pekerja Migran Indonesia.

Dengan tujuan penempatan dalam dan luar Negeri misalnya negara tujuan Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

“Sesuai data Nakertrans Parimo Tahun 2017, kami merekrut sebanyak sepuluh PPTKIS. Kemudian Tahun 2018 sebanyak 18 PPTKIS, sementara jumlah tenaga kerja yang ditempatkan pada Tahun 2017 sebanyak 121 orang,” jelasnya.

Sementara itu, jumlah tenaga kerja atau PMI yang ditempatkan Tahun 2018 sebanyak 239 orang. Kemudian jumlah pekerja migran yang ditempatkan Tahun 2019 sebanyak 50 orang.

Tenaga kerja yang ditempatkan pada berbagai sektor diantaranya sektor pembantu rumah tangga, pengasuh bayi, perkebunan kelapa sawit plantation worker dan pabrik tripleks dengan standar gaji kurang lebih Empat Juta Rupiah perbulannya.

“Sebagian tenaga kerja ada yang ditempatkan di Kabupaten Morowali, sektor perkebunan kelapa sawit dan Pertambangan. Dengan harapan rekruitmen tenaga kerja dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran,” tutupnya.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan