BPKP Sulawesi Barat Diminta Kawal Akuntabilitas Pembangunan

waktu baca 2 menit
Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik (Foto Istimewa)

Berita Sulawesi Barat, gemasulawesi – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunanan (BPKP) Sulawesi Barat, diminta Penjabat Gubernur Sulawesi Barat agar tetap kawal akuntabilitas pembangunan di provinsi itu.

Hal itu diungkapkan Akmal Malik Penjabat Gubernur Sulawesi Barat di Mamuju, Selasa 20 Juli 2022.

“BPKP Sulawesi Barat diminta agar kawal akuntabilitas pembangunan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan,” ucap Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik di Mamuju, Selasa 20 Juli 2022.

Ia mengatakan BPKP Sulawesi Barat diharapkan menjadi kekuatan eksekutif dalam mengawal masalah terkait akuntabilitas. Menurut dia, pemerintah harus memaksimalkan pengawasan pembangunan agar pembangunan berjalan dengan baik dan memenuhi kepentingan masyarakat.

Baca: Covid-19 Terkendali, Dinkes Kendari Imbau Warga Tetap Waspada

Ia juga meminta BPKP Sulawesi Barat harus bisa memaksimalkan pengawasan bangunan pemerintah agar bangunan pemerintah yang sedang dibangun tidak terancam ambruk, karena Sulawesi Barat merupakan daerah gempa terjadi.

“Banyak gedung pemerintahan di Sulawesi Barat yang tidak kuat menahan gempa, dan pengawasan gedung belum dilaksanakan secara maksimal, sehingga perlu dievaluasi dengan meningkatkan pengawasan gedung pemerintah,” ucapnya.

Gubernur mengatakan, Pemprov Sulawesi Barat akan menyurati BPKP Sulawesi Barat untuk meminta BPKP kualifikasi struktur gedung pemerintah itu tahan gempa. Dia juga meminta pemerintah tingkat kabupaten untuk bekerja sama mensukseskan pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah Sulawesi Barat.

Ia mengatakan, tanpa kerjasama, pembangunan tidak akan berjalan maksimal, sehingga pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat harus bersinergi agar pembangunan bisa berhasil.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hary Bowo mengatakan BPKP Sulawesi Barat akan memaksimalkan perannya dalam mengawasi akuntabilitas proyek desain dan pembangunan gedung pemerintah di Sulawesi Barat.

“BPKP Sulawesi Barat juga akan memaksimalkan pengawasan terhadap pembangunan pemerintah Sulawesi Barat sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ucapnya. (*/Ikh)

Baca: Genjot Produksi, Petani Sulawesi Tengah Dapat Bantuan Alsitan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.