BPK Periksa Belanja Dana Penanggulangan Covid-19 Kota Palu

  • Whatsapp
BPK Periksa Belanja Dana Penanggulangan Covid-19 Kota Palu
BPK Periksa Belanja Dana Penanggulangan Covid-19 Kota Palu (Foto: Kunjungan BPK ke Kota Palu)

Berita kota palu, gemasulawesi– Badan Pemeriksa Kesehatan atau BPK periksa kinerja penanganan covid-19 di Kota Palu Provinsi Sulteng, terutama di bidang kesehatan.

“Ini barulah pemeriksaan pendahuluan perihal kinerja penanggangan pandemi covid-19 di Kota Palu,” ungkap Ketua tim BPK Leonardo, di ruang kerja Walikota Palu, Selasa 8 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak terkait dalam penanggulangan covid-19, hingga pada proses penganggaran dan penanganan di lapangan.

Diketahui, BPK memulai rangkaian pemeriksaan dana belanja pemerintah dalam penanganan virus Corona atau Covid-19.

“Kick off pemeriksaan dana penanganan Covid-19 akan mulai dilakukan BPK pada Selasa 8 September 2020,” ungkap Sekjen BPK Bahtiar Arif, .

Pemeriksaan akan dimulai dari kick off meeting dengan pemerintah terkait dengan pemeriksaan dana penanganan virus Corona atau Covid-19.

Proses pemeriksaan dana penanganan Covid-19 akan dilaksanakan melalui audit berbasis risiko menyeluruh (risk-based comprehensive audit). Sehingga, ruang lingkup pemeriksaan tidak hanya APBN 2020, tetapi termasuk APBD dan BUMN.

Untuk diketahui, nilai alokasi anggaran penanganan Covid-19 meningkat dari Rp405,1 triliun dalam Perpres 45/2020 menjadi menjadi Rp695,2 triliun dalam Perpres No.72/2020. Alokasi dana itu baru yang berasal dari APBN 2020.

Alokasi dana penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga tidak luput dari pemeriksaan auditor negara.

Ia menyebutkan, proses pemeriksaan dana penanganan Covid-19 kemungkinan besar tidak akan rampung pada tahun ini. Dia memperkirakan proses pemeriksaan akan berlanjut sampai dengan kuartal I 2021.

“Setelah kick off besok, pemeriksaan akan dilakukan sampai akhir tahun dan kemungkinan berlanjut sampai tahun depan,” urainya.

Ia menerangkan, penyerapan anggaran menjadi salah satu fokus dalam pemeriksaan BPK, terutama dari aspek penyetujuan anggaran, pencairan anggaran, hingga implementasi atau eksekusi program setelah pagu belanja dicairkan.

“Untuk mendukung pemeriksaan ini, kami juga mendapatkan laporan intern BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) yang sudah dilakukan dalam mengawal dana penanganan Covid-19,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sekkot Palu H Asri menyampaikan secara umum progres penanganan sejak awal penanggulangan dan pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Palu.

Hal paling utama adalah pengetatan di pintu masuk pos penjagaan perbatasan bagi pelaku perjalanan hingga saat ini.

Ikut mendampingi Kalak BPBD Kota Palu, Ir H Singgih Budi Prasetyo, Kabag Hukum Hj Husna, Sekdis Kesehatan Kota Palu Ilham, Sekretaris RSU Anutapura Palu Astam, Kabid Keuangan BPKAD Kota Palu Suradji.

Sedangkan tim BPK terdiri dari Leonardo Tarigan ketua tim, Eko Yulianto pengendali teknis, Yosi Pratama anggota tim.

Laporan: Muhammad Rafii/Pemkot Palu

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.