BNPT Paparkan Konsep Tangani Konflik Sosial di Sulawesi Tengah

  • Whatsapp
BNPT Paparkan Konsep Tangani Konflik Sosial di Sulawesi Tengah
BNPT Paparkan Konsep Tangani Konflik Sosial di Sulawesi Tengah

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiBadan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) paparkan konsep penanggulangan konflik sosial di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Butuh komitmen dari pemerintah daerah yang dapat diwujudkan dalam keberlanjutan program penanggulangan radikalisme di Provinsi Sulawesi Tengah. Baik itu dari segi pencegahan, penegakan hukum maupun sinergitas antara kementerian,” ungkap Kepala BNPT, Komjen Pol Dr.Boy Rafli Amar, saat Rapat Koordinasi dengan unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin 10 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengharapkan rapat koordinasi terkait isu radikalisme yang dilaksanakan, dapat menghasilkan semangat bersinergi antar lembaga.

Kedua, koordinasi antar pemerintah daerah dan BNPT dalam mengimplementasikan rencana aksi kementerian atau lembaga dalam sinergitas. Sehingga, dapat terus terjaga dan terjalin dengan baik demi keberhasilan program penanggulangan radikal di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketiga, perlunya membangun kemitraan yang lebih proaktif dengan berbagai pihak di tingkat daerah terutama dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi swasta dan masyarakat sipil lainnya dalam mewujudkan kesiapsiagaan nasional dalam memerangi radikal terorisme di Indonesia.

Lebih lanjut Kepala BNPT menyampaikan tiga hal terkait sinergi dan kolaborasi penanggulangan terorisme yaitu; pertama komitmen untuk bersinergi dalam penanggulangan radikalisme.

Kedua, menjalin koordinasi yang baik demi keberhasilan program penanggulangan radikalisme dan yang ketiga membangun kemitraan yang produktif dengan berbagai pihak.

Lebih lanjut Kepala BNPT menyampaikan, terjadi peningkatan korban dari propaganda ISIS. Untuk itu diharapkan masyarakat Sulawesi Tengah ikut menahan narasi yang menyesatkan.

Maka, dibutuhkan pembangunan non fisik berupa perbaikan karakter nasionalisme serta bela negara.

Ia juga menghimbau agar mewaspadai kemungkinan adanya perbuatan teror dalam penyelenggaraan Pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Dukungan dengan kampanye damai yang tertib dan Luber yang akan menentukan kualitas dari Pilkada,” terangnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.