BMKG Perkirakan Hujan Lebat Landa Sulawesi Tengah Selama Sepekan

0
36
BMKG Perkirakan Hujan Lebat Landa Sulawesi Tengah Selama Sepekan
Illustrasi Hujan Lebat di Sulawesi Tengah.



Parigi moutong, gemasulawesi.comBMKG perkirakan hujan dengan intensitas lebat disertai kilat melanda wilayah Sulawesi Tengah, selama sepekan pada 17-23 Januari 2020.

“Sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat,” bunyi rilis BMKG beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Selain Sulawesi Tengah, berikut prakiraan BMKG dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat berpotensi terjadi wilayah:

Data BMKG Periode 17-19 Januari 2020 diantaranya Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca juga: Ini Tuntutan Warga Penyintas Bencana Alam Kepada DPRD Kabupaten Parigi Moutong

Baca juga: Bongkar ‘Mafia’ Listrik, DPRD Kabupaten Parigi Moutong Usulkan Bentuk Pansus

Baca juga: Rumah Milik Warga Maesa Parigi Moutong Hangus Terbakar

Sedangkan untuk data BMKG periode 20-23 Januari 2020 yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Berdasarkan Peta Prakiraan BMKG Berbasis Dampak Hujan Lebat di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir atau longsor untuk tiga hari ke depan 17-19 Januari 2020 di wilayah:

– Sumatera Barat (siaga)

– Sumatera Selatan (siaga)

– Jambi (siaga)

– Bengkulu (siaga)

– Jawa Barat (Siaga)

– Aceh (Waspada)

– Sumatera Utara (Waspada)

– Lampung (Waspada)

– Jawa Tengah (Waspada)

– Jawa Timur (Waspada)

– Sulawesi Selatan (Waspada). (***)

Baca juga: Polisi Tangkap Dua Pengguna Narkotika di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah

Baca juga: Panselda CPNS Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2020 Laksanakan Simulasi Ujian CAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here