BKN: Datang Terlambat, Tidak Ada Toleransi Bagi Peserta Tes CAT CPNS

  • Whatsapp
BKN: Tidak Ada Toleransi Peserta Tes CAT CPNS Datang Terlambat
Illustrasi Tes CAT CPNS

Jakarta, gemasulawesi.com Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara atau BKN Paryono mengungkapkan tidak ada toleransi waktu jika ada peserta tes CAT CPNS datang terlambat. Peserta diminta datang lebih awal sebelum waktu ujian dimulai.

“Jika terlambat datang di lokasi ujian, panitia tidak akan mengizinkan masuk,” kata Paryono saat dihubungi dikutip dari detikcom, Sabtu 25 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, BKN tidak akan memberikan sesi tes CAT CPNS pengganti. Ia mengatakan sudah ada pengumuman, peserta diharapkan datang satu jam sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

SKD Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan dilakukan dua hari lagi. Para pelamar diimbau untuk mempersiapkan diri dan mempelajari kisi-kisi SKD.

Paryono mengungkapkan kisi-kisi untuk SKD CPNS tahun ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Dalam kategori itu ada pembahasan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan Bahasa Indonesia,” kata dia.

Kemudian, kedua ada Tes Intelegensia Umum (TIU) yakni mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan figural.

Lalu ada pula Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi profesionalisme.

Baca juga: Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian CAT CPNS Kabupaten Parigi Moutong

Sebelumnya, BKN telah mengumumkan jadwal serta lokasi pelaksanaan ujian CAT seleksi penerimaan CPNS. Pada setiap lembaga, kementrian dan daerah.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara Heri Susilowati mengungkapkan, masing-masing kantor BKN telah melakukan koordinasi dengan instansi mandiri. Selain itu, kelayakan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang disiapkan instansi terkait juga telah dipantau.

Setiap titik lokasi memiliki tim pelaksana CAT yang sudah disiapkan BKN sesuai dengan kebutuhan. Kementerian pusat difasilitasi BKN Pusat dan instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) difasilitasi Kantor Regional BKN wilayah kerja masing-masing.

Hal ini sesuai dengan arahan Sekretaris Utama (Sesma) BKN, koordinasi menjadi kunci penting pada persiapan dan pelaksanaannya nanti. Peserta tes CPNS diimbau untuk terus mengikuti informasi terkini dari situs instansi yang dilamar. (***)

Baca juga: Pemda Parigi Moutong Manfaatkan Buah Kelapa Mengentaskan Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *