Bina Marga Parimo, Kelola Puluhan Miliar DAK

0
84
Hendra Bangsawan Kabid Bina Marga DPUPRP
SHARE

Laporan: Muhammad Rafii

Parimo,Gemasulawesi.com– Kurang lebih 35 Milyar Rupiah Dana Alokasi Khusus (DAK) dikelola Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parimo tahun anggaran 2019.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Parimo Hendra Bangsawan kepada Gemasulawesi.com diruang kerjanya, Senin, 28 Januari 2019. Ia mengatakan, Pada tahun anggaran 2019, Bidang Bina Marga mengelola anggaran DAK sekitar Rp 35 Miliar.

“DAK tadi terbagi kedalam tiga pengelompokan yaitu DAK penugasan, DAK regular dan DAK afirmasi,” katanya.

Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan lanjut Hendra Bangsawan, mempunyai total anggaran sekitar Rp 13 Miliar, yang terbagi kedalam lima paket pekerjaan. Sementara untuk DAK Regular terbagi kedalam lima paket pekerjaan dengan total anggaran sekitar Rp 11 Miliar, dan DAK Afirmasi sekitar Rp 4 Miliar terbagi di empat paket pekerjaan.

“Tahapannya sekarang, staf dibidang Bina Marga sedang melaksanakan peninjauan tempat pekerjaan untuk tiap paket pekerjaan,” jelasnya.

Kata Hendra Bangsawan, untuk setiap paket kegiatan dari tiga pengelompokan DAK tersebut, telah mempunyai perencanaan awal yang disesuaikan dengan tipe pekerjaannya yang menjadi dasar untuk melaksanakan survey dilapangan.

Dari sekian banyaknya paket ini lanjut ia, tinggal memasukan detail pekerjaan dari perencanaan awal, yang sementara dikerjakan stafnya dilapangan sebelum paket pekerjaan berjalan.

Ditambahkan, DAK penugasan berupa peningkatan jalan, DAK regular antara lain pemeliharaan, rehab jalan dan jembatan dan DAK afirmasi tergolong kedalam jalan non status, jalan penghubung daerah terpencil. “Pada triwulan pertama sudah diadakan tender tiap paket kegiatan kemudian pada triwulan kedua sudah ada kontrak pelaksanaan kegiatan,” tutupnya.


SHARE

Tinggalkan Balasan